kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,95   -17,54   -1.90%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Henan Putihrai: Outlook Stabil dari S&P Bisa Tingkatkan Kepercayaan Investor ke RI


Sabtu, 30 April 2022 / 07:15 WIB
Henan Putihrai: Outlook Stabil dari S&P Bisa Tingkatkan Kepercayaan Investor ke RI


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P) mempertahankan peringkat pada BBB (Investment Grade) dan merubah Outlook Indonesia dari yang sebelumnya negatif menjadi stabil pada 27 April 2022.

Perubahan ini berdasarkan pada prospek yang stabil dan mencerminkan keyakinan S&P bahwa pemulihan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut hingga dua tahun ke depan.

Head of Business Development Division Henan Putihrai Asset Management (HPAM) Reza Fahmi mengatakan, mempertahankan peringkat pada BBB (Investment Grade) sudah menjadi hal baik yang memberikan sentimen positif terhadap pasar obligasi.

Baca Juga: S&P Naikkan Outlook Indonesia Jadi Stabil, Ini Kata Para Analis

"Sementara dampak dari meningkatnya outlook Indonesia ke stabil merupakan sentimen positif yang meningkatkan kepercayaan investor atas peringkat kredit Indonesia," ujar Reza kepada Kontan.co.id, Jumat (29/4).

Reza mengatakan pasar obligasi masih akan diselimuti sentimen negatif, mulai dari kenaikan tingkat suku bunga acuan hingga lonjakan inflasi.

Pasar obligasi berpotensi terkoreksi dengan yield yang naik ke 6,8%-6,9%. Namun, tidak menutup kemungkinan jika harga komoditas kembali normal dan kondisi geopolitik sudah stabil, pasar obligasi berpotensi menguat kembali dengan yield turun ke 6,2%-6,5% di tahun ini.

Selain itu Reza juga mengatakan sentimen negatif yang dapat mempengaruhi berasal dari inflasi dan suku bunga the fed. Sementara untuk yang positif bisa dari normalnya harga komoditas, geopolitik stabil, likuiditas yang tinggi dan real yield di Indonesia.

Reza mengatakan meningkatnya outlook Indonesia ke stabil merupakan sentimen positif yang meningkatkan kepercayaan investor atas peringkat kredit Indonesia.

Posisi eksternal ekonomi Indonesia, konsolidasi kebijakan fiskal yang dilakukan oleh pemerintah secara gradual, dan keyakinan S&P terhadap pemulihan ekonomi Indonesia yang akan terus berlanjut sampai dengan dua tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×