kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, begini efek samping pemakaian chloroquine bagi pasien Covid-19


Selasa, 24 Maret 2020 / 07:51 WIB
Hati-hati, begini efek samping pemakaian chloroquine bagi pasien Covid-19


Reporter: Barly Haliem | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wabah virus corona (Covid-19) semakin gawat. Sejak merebak di Tiongkok pada akhir tahun lalu hingga menyebar ke banyak negara saat ini, belum ada obat atau vaksin khusus yang digunakan untuk terapi pengobatan dan pencegahan Covid-19. Walhasil, jumlah pasien positif dan meninggal dunia akibat Covid-19 semakin bertambah.

Menurut World Health Organization (WHO), Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dan FDA (US Food-Drug Administration), saat ini belum ada obat atau vaksin yang terbukti efektif untuk perawatan atau pencegahan Covid-19. Sejauh ini, manajemen klinis yang diterapkan untuk merawat pasien yang terinfeksi Covid-19 meliputi tindakan terapi suportif, termasuk pemberian oksigen tambahan, ventilator mekanik, pemberian vitamin C dosis tinggi dan sejumlah obat-obatan suportif.

Namun sejauh ini, ada beberapa obat yang digunakan untuk terapi pasien di sejumlah negara, yakni Hydroxychloroquine (HCQ) dan chloroquine (CQ). HCQ dan CQ adalah obat resep oral yang telah digunakan untuk pengobatan malaria dan kondisi peradangan. CQ telah digunakan untuk pengobatan malaria dan kemoprofilaksis, sedangkan HCQ digunakan untuk pengobatan rheumatoid arthritis, systemic lupus erythematosus (SLE) dan porphyria cutanea tarda. Kedua obat ini memiliki aktivitas in vitro pada SARS-CoV, SARS-CoV-2 dan coronavirus lainnya, dengan HCQ memiliki potensi yang relatif lebih tinggi pada SARS-CoV-2.

Penelitian yang dilakukan di China, pengobatan CQ pada pasien Covid-19 memiliki manfaat klinis dan virologis dibandingkan kelompok pembanding, dan CQ direkomendasikan untuk pengobatan Covid-19.

Berdasarkan data in vitro, CQ atau HCQ saat ini direkomendasikan untuk pengobatan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di beberapa negara. HCQ saat ini sedang diteliti dalam uji klinis untuk profilaksis pra-pajanan atau pasca pajanan infeksi SARS-CoV-2, dan pengobatan pasien dengan Covid-19 ringan, sedang dan berat. Amerika Serikat telah melakukan uji klinis terhadap HCQ untuk tujuan profilaksis atau pengobatan infeksi Covid-19.




TERBARU

[X]
×