kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Beras Naik, Mendag Zukifli Hasan Beri Penjelasan


Senin, 03 Oktober 2022 / 16:37 WIB
Harga Beras Naik, Mendag Zukifli Hasan Beri Penjelasan
Kinerja Ritel: Barang-barang konsumsi rumah tangga di display sebuah Supermarket di Jakarta Selatan, Senin (2/8/2022). Mendag Sebut Harga Beras Naik Karena Ini.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan penjelasan penyebab kenaikan harga beras saat ini.  Berdasarkan catatan Kemendag, kenaikan harga beras disebabkan terjadinya perebutan gabah di lapangan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zukifli Hasan mengatakan saat ini harga beras secara nasional mengalami kenaikan. Ia menerangkan bahwa naiknya harga beras disebabkan adanya perebutan gabah di lapangan. Ia menyesalkan adanya kenaikan harga beras karena turut mengerek inflasi.

"Penyebabnya karena rebutan gabah. Jadi harganya itu meningkat cukup signifikan, otomatis kalau gabah naik kan digiling menjadi beras, ya berasnya naik," kaya Zukifli di Pasar Induk Cipinang Jakarta Timur, Senin (3/10).

Baca Juga: Pemerintah Klaim Stok Beras Aman dan Harga Terjangkau

Zukifli membeberkan langkah yang dilakukan pemerintah untuk meredam kenaikan harga beras ini adalah dengan memenuhi stok beras di pedagang-pedagang seluruh tanah air.

Zukifli juga meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk merespons cepat kenaikan harga di wilayahnya. Hal ini untuk meredam gejolak harga pangan di pasaran.

"Di Denpasar itu berapapun harga yang terjadi gejolak di pasar itu pemerintah daerah jamin harga standar, untuk selisihnya nggak banyak kira-kira Rp 1.000-an harga bawang Rp 2.000-an, nggak banyak. Tapi dengan itu harga jadi tidak bergejolak," imbuhnya.

Demikian juga yang terjadi di DKI Jakarta, Zukifli mengatakan, harga pangan bisa terkendali karena pemerintah daerah ikut campur untuk ongkos distribusi pangan dan subsidi harga.

Baca Juga: Cadangan Beras Pemerintah 800.000 Ton, Badan Pangan Nasional Dorong Serapan Bulog

"Kalau ada masalah harganya gejolak kita sudah dikasih alatnya, yaitu dana cadangan tidak terduga di pemda daerah 2% ada tol laut. Atau bila perlu mensubsidi harga seperti DKI dan Denpasar," ujarnya.

Ia memastikan pemerintah memastikan stok dan harga pangan di nasional aman dan terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×