kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda Daya Pratama Daftarkan 11 Merek ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham


Rabu, 31 Agustus 2022 / 22:00 WIB
Garuda Daya Pratama Daftarkan 11 Merek ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham
Perawatan fasilitas oleh Tenaga Alih Daya GDPS


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) telah mendaftarkan merek dagang di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM RI (Dirjen HAKI).

Total ada pendaftaran 11 kelas merek diantaranya: Logo GDPS, Beyond Clean, Beyond Fresh, Beyond Sky, Beyond Secure dan Beyond Trusted.

Adapun seluruh proses pengurusan pendaftaran merek dagang tersebut telah dimulai GDPS pada Juni 2021 yang saat ini telah mendapat perlindungan secara Undang-Undang; dengan demikian, GDPS menjadi bagian dari peningkatan registrasi merek dagang pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) di tahun tersebut. 

Sebelumnya,  Direktorat  Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah mengumumkan peningkatan pengajuan paten atau merek dagang pada tahun 2020-2021. 

Baca Juga: Ini cara mendaftarkan merek dagang secara online di Kemenkumham

Meskipun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir, terjadi lonjakan nyata dalam pendaftaran perlindungan paten atau merek dagang dari semua jenis. Permohonan paten sederhana mengalami kenaikan dari hanya 2.311 pada tahun 2020 menjadi 3.263  di 2021. 

Sementara itu, permohonan paten atau merek dagang reguler meningkat dari 2.727 menjadi 2.833 pada periode yang sama. Sementara itu, jumlah permohonan paten internasional berdasarkan Patent Cooperation Treaty (PCT) juga meningkat signifikan dari 5.819 menjadi 6.371 pada tahun 2021.

Direktur Utama GDPS, Mohammad Arif Faisal, mengatakan, pendaftaran merek merupakan salah satu prioritas kami di GDPS, karena pihaknya memandang merek sebagai representasi identitas usaha dari produk yang ditawarkan. 

"Pendaftaran merek dagang dapat memberikan perlindungan hukum kepada bisnis kami, dan mencegah orang lain menggunakan atau menyalahgunakannya. Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya bisnis kami, maka produk-produk GDPS dianggap perlu memiliki merek dagang,” ujar Arif dalam keterangannya, Rabu (31/8).

Baca Juga: Pemerintah Susun Aturan Teknis Kekayaan Intelektual sebagai Jaminan Pembiayaan

Merek-merek yang telah didaftarkan, mewakili bidang usaha PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS), yakni:

Beyond Clean

Beyond Clean adalah layanan komprehensif yang diberikan GDPS mulai dari disinfection & hygiene program, electrical & mechanical engineering, cleaning & waste management, sky cleaning, landscape management, civil engineering hingga hospitality dan transportation management yang terintegrasi melalui aplikasi dan sistem dashboard yang dapat memonitor dan memberikan akses informasi secara real-time di dalam area atau fasilitas tertentu.
 
Program ini dirancang untuk memastikan karyawan dan pengunjung bahwa mereka berada di tempat kerja atau area yang sehat, aman dan higienis. 
 
Beyond Fresh
 
Beyond Fresh adalah inovasi GDPS yang diadopsi dari teknologi pesawat terbang. Inovasi ini merupakan rekayasa aliran udara yang mampu memastikan 99,97% udara terbebas dari virus, bakteri, jamur hingga partikel atau polutan berbahaya lainnya.
 
Melalui pengaturan sirkulasi udara secara laminar dan standar Air Change perHour (ACH), teknologi ini juga mampu meminimalisir resiko penyebaran virus berbahaya sehingga dapat memastikan udara yang terhirup adalah udara yang bersih, sehat dan aman. 
Beyond Secure adalah Solusi Keamanan Terintegrasi mulai dari penjagaan, konsultasi, manajemen pengunjung hingga sistem parkir yang didukung oleh teknologi. Melalui solusi layanan pengamanan Beyond Secure, kami mampu membangun efektivitas yang lebih besar dalam hal pengamanan untuk berbagai jenis infrastruktur seperti perkantoran, manufaktur, gudang, rumah sakit, mall, perumahan, dan pelabuhan.
 
Beyond Trusted
 
Beyond Trusted adalah layanan berbasis aplikasi terintegrasi untuk mengelola aktivitas karyawan seperti rotasi karyawan, relokasi, penempatan, dan perjalanan bisnis dengan fitur utama yaitu dapat memberikan laporan aktivitas karyawan secara komprehensif serta memantau mobilitas karyawan secara real-time.  Selain itu Beyond Trusted juga mampu mengatur jadwal dan aktivitas karyawan hanya dengan satu sentuhan pada layar gadget saja.
 
Beyond Sky
 
Sebagai bagian dari Garuda Indonesia Group, GDPS memiliki pengalaman dalam menciptakan solusi untuk industri penerbangan dengan standar kepatuhan dan keamanan yang tinggi mencakup  layanan pembersihan interior & eksterior pesawat, pengecatan pesawat, engineering pesawat, proses khusus pesawat (NDT & Borescope), hingga ground handling.
“Pendaftaran merek yang telah GDPS lakukan, tak hanya menunjukkan profesionalitas kepada para pemangku kepentingan namun juga mempertegas positioning bisnis GDPS di industri. Dengan pendaftaran merek ini, kami meyakini layanan GDPS semakin lebih dipercaya dan mendunia” ujar Arif Faisal. 
 
GDPS didirikan pada 2019 sebagai perusahaan jasa yang menyediakan dan mengelola tenaga kerja untuk memenuhi solusi kebutuhan pelanggan. GDPS memiliki saham mayoritas di PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (Anak Perusahaan PT. Garuda Indonesia Tbk) dan kepemilikan  minoritas adalah Koperasi Karyawan GMF. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×