kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Unpad, President University Akan Buka Prodi Kedokteran


Rabu, 22 Desember 2021 / 10:48 WIB
Gandeng Unpad, President University Akan Buka Prodi Kedokteran


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. President University (PresUniv) melakukan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) dalam rangka pendirian Prodi Kedokteran di PresUniv di Jababeka, Cikarang.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan mencakup dua klausul, yakni dalam rangka pendirian Program Studi Kedokteran di PresUniv dan pengembangan Academic Health System (AHS) di kawasan industri Jababeka.

AHS atau sistem kesehatan akademis adalah pengorganisasian segala institusi kesehatan yang di kawasan industri Jababeka dan sekitarnya, seperti rumah sakit, institusi pendidikan kedokteran, lembaga pendidikan kesehatan, riset dan lainnya.

Wujud akhir dari AHS adalah tersedianya sistem layanan kesehatan yang terintegrasi guna meningkatkan mutu layanan kesehatan ke masyarakat, serta adanya riset yang unggul dan mendukung pengembangan layanan kesehatan.

Baca Juga: Fintech gencar menyalurkan pendanaan pada sektor pendidikan

SD Darmono, Founder Jababeka Group dan President University (PresUniv) mengatakan, di sekitar kawasan Jababeka saat ini sudah berdiri 20 rumah sakit. Namun, hingga saat ini belum tersedia institusi pendidikan kedokteran di sana. 

Oleh karena itu, pihaknya sudah lama berencana membuka pendidikan kedokteran namun terhambat oleh regulasi tentang moratorium pendirian Program Studi atau Fakultas Kedokteran yang sudah diterapkan sejak tahun 2016 oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dengan terus bertambahnya jumlah rumah sakit yang ada di Cikarang dan sekitarnya, kini kebutuhan akan SDM kesehatan, termasuk dokter, terus meningkat. Maka, adanya Program Studi Kedokteran di Cikarang, Bekasi, sudah menjadi kebutuhan.

"Dengan adanya pendampingan dari Fakultas Kedokteran, Unpad, Darmono berharap Program Studi Kedokteran di PresUniv akan mampu menghasilkan dokter-dokter yang berkualitas," kata Darmono dalam keterangan resminya, Rabu (22/12).

Darmono berharap dengan adanya dokter-dokter yang berkualitas, kelak tak perlu lagi para ekspatriat atau eksekutif lainnya yang bekerja di kawasan industri Jababeka pergi berobat atau memeriksa kesehatannya di luar negeri.

Dia mengungkapkan bahwa sekarang ini PresUniv banyak menerima mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal serupa juga akan diterapkan untuk Program Studi Kedokteran.

Baca Juga: Referensi SNMPTN 2022, ini 20 kampus negeri terbaik di Indonesia versi QS AUR 2022

Harapannya setelah lulus dari Prodi Kedokteran, PresUniv, mereka akan kembali ke daerahnya untuk berkarya sebagai dokter di sana. Dengan cara seperti ini, PresUniv akan ikut membantu mengatasi ketimpangan distribusi dokter di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Yudi Mulyana Hidayat menyampaikan apresiasi atas kepercayaan PresUniv terhadap Fakultas Kedokteran Unpad  untuk memberikan pendampingan.

Sementara terkait AHS di kawasan industri Jababeka, Yudi menekankan pentingnya dukungan dari segenap stakeholders untuk bisa sukses. “Jika tanpa dukungan dari seluruh pihak, pengembangan AHS tidak akan berhasil." tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×