kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,59   -4,58   -0.48%
  • EMAS933.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.41%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Gandeng Digiprimatera, e-meterai Peruri bisa dibeli di platform Dimensy


Kamis, 25 November 2021 / 14:35 WIB
Gandeng Digiprimatera, e-meterai Peruri bisa dibeli di platform Dimensy
ILUSTRASI. Detail meterai tempel baru Rp 10.000

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Digital Prima Sejahtera (Digiprimatera) resmi melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Peruri Digital Security (PDS) untuk pendistribusian meterai elektronik (e-meterai), Selasa (23/11). Kersajama diteken langsung oleh Direktur Utama Digiprimatera, Adios Purnama dan Direktur Utama PDS, Tetty Herawati Siregar.

Kerjasama ini sesuai dengan diresmikannya penggunaan meterai elektronik oleh Kementerian Keuangan ada 1 Oktober 2021. Kerjasama Digiprimatera dan PDS itu juga sejalan dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, yang menjadi landasan hukum pengenaan bea meterai terhadap dokumen elektronik tertentu.
 
Selain itu, sinergi kedua pihak sejurus dengan semakin pesatnya perkembangan ekonomi digital dan teknologi informatika di Tanah Air. Terjalinnya kerjasama e-meterai ini merupakan wujud komitmen dan integritas Digiprimatera sebagai penyedia layanan transformasi digital, untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik dan layanan keamanan digital lainnya. 

Baca Juga: Cara membeli dan menggunakan materai elektronik Rp 10 ribu

Digiprimatera merupakan perusahaan yang telah berpengalaman selama lebih dari 12 tahun dengan tenaga ahli bersertifikasi, membantu organisasi pelanggan mempercepat dan memperluas jangkauan bisnis dengan layanan transformasi digital didukung dengan penerapan teknologi berbasis big data, artificial intelligent (AI), smart document workflow dan system keamanan siber terbaik di bidangnya secara powerful dan aman.

"Pandemi Covid-19 mendorong percepatan penggunaan teknologi digital, khususnya pada pendistribusian dokumen elektronik sehingga banyak transaksi yang juga beralih pada platform digital," kata Adios Purnama dalam keterangan persnya, Kamis (25)11).

Dalam hal ini, lanjut Adios, Digiprimatera merupakan perusahaan yang telah berpengalaman menyediakan layanan digital transformation. Dengan begitu, kerjasama ini merupakan bukti nyata perusahannya dalam mendukung digitalisasi pada berbagai sektor khususnya dalam transformasi dokumen.

"Nota kesepahaman ini juga merupakan salah satu bagian implementasi dari ISO 27001:2013 tentang penyediaan layanan e-commerce, platform digital dan aplikasi lainnya," tegas Adios. 

Pendistribusian dan edukasi

Direktur Utama PDS Tetty Herawati Siregar menambahkanm nantinya Direktorat Jenderal Pajak Bersama Perum Peruri melalui PDS akan melakukan pendistribusian, edukasi, dan penyampaian informasi kepada masyarakat dalam penggunaan e- meterai ini.

"Meterai elektronik akan meningkatkan pengalaman permeteraian dalam aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat," ungkap Tetty. 

Dia menambahkan, e-meterai elektronik dibekali teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan. 

Pertama OVERT, dimana 70% desain meterai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda setiap meterai. 

Kedua COVERT, Peruri seal hanya dapat dibaca dengan scanner  atau aplikasi khusus dari peruri dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi pdf adobe acrobat reader. "Ketiga dengan pembuktian oleh Peruri," imbuh Tetty. 

Baca Juga: RUU Bea Meterai segera disahkan, ini dampaknya kepada masyarakat

Digiprimatera, sambung Tetty, akan menjadi penyedia layanan pembelian e-meterai melalui plaform DIMENSY (Digital Document Security) dan produk-produk digital security lainnya seperti Digital Signature, Digital Certificate, Digital Stamps dan KEYLA. 

Digiprimatera dan PDS akan menyediakan dokumen elektronik yang menawarkan garansi berupa otentifikasi legalitas dokumen elektronik, non-repudiation, intergrity dan confidentiality untuk memastikan informasi yang terjaga kerahasiaan dan keamanannya.

Dalam proses implementasi kata Tetty Produk Digital Peruri, perusahaan akan berkomitmen untuk saling bahu-membahu mengembangkan produk digital yang lebih baik untuk menjadi fasilitas yang dapat membawa kebermanfaatan bagi masyarakat di era transformasi digital saat ini.

"Dengan adanya kerja sama ini, PDS dan Digiprimatera berkomitmen untuk saling mendukung dan sama-sama mengunggulkan produk digital khususnya dari Perum Peruri," tandas Tetty. 

Selanjutnya: Pemerintah patuhi putusan MK, UU Cipta Kerja tetap berlaku

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×