kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir: BUMN farmasi punya obat untuk pasien positif corona


Jumat, 20 Maret 2020 / 15:36 WIB
Erick Thohir: BUMN farmasi punya obat untuk pasien positif corona
ILUSTRASI. Erick Thohir menyebut BUMN farmasi punya obat untuk pasien positif corona. REUTERS/Aly Song


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Miiik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, BUMN yang bergerak di bidang farmasi memiliki obat untuk para pasien yang terinfeksi virus Corona. Namun demikian Erick tidak merinci jenis obat tersebut, ia hanya menegaskan obat ini juga sudah digunakan oleh beberapa negara lain.

"Kami juga BUMN farmasi punya obat, saya tidak bisa berbicara mereknya apa karena saya juga tidak mau nanti salah. Jumlahnya juga cukup signifikan bisa sampai 60 ribu pasien," ujar Erick dalam telekonferensi online, Jumat (20/3).

Baca Juga: Ada wabah corona, pemerintah akan relaksasi KUR hingga pembiayaan motor

Erick menuturkan, obat-obat tersebut sudah disiapkan oleh BUMN farmasi. Stok obat ini kemudian akan diberikan kepada mereka yang sakit.

"Kan yang terpenting saat ini, bagaimana obatnya tersedia untuk yang sakit dan beberapa negara sudah melakukannya. Jadi bukan kami tiba-tiba sok tahun sendirian, tidak, tapi obat ini juga sudah dipakai di beberapa negara," tandas Erick.

Selain obat, Erick juga mengatakan pihaknya telah mencari sumber dari berbagai tempat untuk menyediakan alat pelindung diri (APD). Erick tidak ingin nantinya dokter dan perawat yang memang membutuhkan APD ini kekurangan perlindungan.

Untuk itu, Erick menjelaskan, nantinya ada beberapa pihak dari swasta yang juga akan ikut membantu menyediakan stok, baik berupa masker maupun APD. Nantinya, Erick akan membentuk tim khusus yang bertugas menampung berbagai bantuan dari pihak swasta.

Baca Juga: APBI desak pemerintah terbitkan beleid baru soal kapal nasional untuk ekspor batubara

Untuk tim ini sendiri, Erick mengatakan sudah dikoordinasikan oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani.

"Kadin sudah mulai mengumpulkan (bantuan dari swasta). Nanti kalau sudah terkumpul baru kita ambil, kebetulan kan BUMN punya logistik. Apakah pesawat terbang, apakah bus, apakah perahu, airport, bahkan pergudangan pun kita punya, nah ini kita kerja samakan," kata Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×