kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ekonom Core: Keluarnya Qatar dari OPEC tak berdampak ke harga minyak dunia


Selasa, 04 Desember 2018 / 20:45 WIB

Ekonom Core: Keluarnya Qatar dari OPEC tak berdampak ke harga minyak dunia
ILUSTRASI. Harga minyak

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Qatar telah memutuskan akan mundur dari keanggotaan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada Januari tahun mendatang. Keputusan ini diambil karena Qatar akan fokus pada gas alam cair (LNG).

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Pieter Abdullah menilai, keluarnya Qatar dari OPEC tidak akan berdampak signfikan pada pergerakan harga minyak. Dengan mundurnya Qatar justru akan menambah jumlah negara-negara penghasil minyak di luar OPEC. Sementara menurut Pieter, harga minyak masih lebih banyak ditentukan oleh negara di luar OPEC.


"Kemampuan OPEC dalam mempengaruhi harga minyak dunia semakin kecil. Sementara selama ini negara-negara yang tergabung dalam OPEC juga sering kali tidak kompak terkait kebijakan produksinya. Kuota yang ditetapkan sering dilanggar. Jadi ke depan masih akan sama saja," ujar Pieter kepada Kontan.co.id, Selasa (4/12).

Sebagai negara pengimpor minyak, Indonesia pun hanya bisa menerima dampak pergerakan harga minyak yang ditentukan oleh negara penghasil minyak terbesar. "Indonesia sebagai net importir juga tidak akan berubah peran," tambahnya.

Pieter memperkirakan, harga minyak dunia di tahun mendatang masih mungkin mengalami kenaikan. Namun, menurutnya kenaikannya tidak akan mencapai US$ 80 per barel, atau level tertinggi di tahun ini.

Hal tersebut dikarenakan Amerika Serikat yang tidak akan memotong produksi dan Arab Saudi yang diperkirakan akan memotong produksi dalam jumlah yang kecil. Dengan tingginya produksi, harga minyak dunia tak akan melonjak.


Reporter: Lidya Yuniartha
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×