kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ekonom BCA: Target pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 mungkin tercapai


Jumat, 09 April 2021 / 20:07 WIB
Ekonom BCA: Target pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 mungkin tercapai
ILUSTRASI. Pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 kembali positif

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Target pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 yang dipasang pemerintah masih berpotensi tercapai. Seperti diketahui, pemerintah menargetkan ekonomi di periode April-Juni 2021 ada di kisaran 7%-8%.

“Perkiraannya, minimal ekonomi bisa tumbuh 5% yoy pada kuartal II-2021. Sehingga 7% hingga 8% merupakan batas atas. Ekonomi harusnya sudah bounce back dari masa pra Covid-19,” kata Kepala ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual kepada Kontan.co.id, Jumat (9/4). 

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 yang mulai bertenaga tersebut tak lepas dari gelontoran stimulus yang sudah diberikan oleh pemerintah di periode April 2021 hingga Juni 2021 ini. 

Yang paling besar manfaatnya, adalah gratis ongkos kirim (ongkir) di hari belanja online jelang Lebaran. Menurut dia, keputusan tersebut tepat. Apalagi, pemerintah kembali mengeluarkan larangan mudik pada Lebaran tahun ini. 

Dengan adanya gratis ongkir belanja online, diharapkan masyarakat tetap belanja meski mobilitasnya dibatasi. Sehingga, konsumsi masyarakat tetap berputar dan tentu ini menjadi penggerak perekonomian di kuartal tersebut. 

Baca Juga: Sri Mulyani beberkan alasan adanya subsidi ongkir Rp 500 miliar untuk Harbolnas

Selain gratis ongkir belanja online, pemerintah juga telah memberikan diskon PPnBM khususnya mobil. David juga melihat ini membawa dampak pada peningkatan konsumsi, tetapi efeknya masih belum begitu besar. Diperkirakan, baru akan terasa di kuartal III-2021. 

Lebih lanjut, dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk sepanjang tahun 2021 akan berada di zona positif, yaitu di kisaran 4,8% yoy. 

Meski memang sudah kembali ke zona positif, tetapi David mengingatkan bahwa saat ini yang penting adalah menjaga progres pemulihan ekonomi. 

“Yang paling penting adalah, apakah kita bisa konsisten dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi? Karena selama ini, setelah krisis ekonomi bisa tumbuh tetapi sulit untuk menjaga konsistensi perbaikan ekonomi,” pungkas David.

 

Selanjutnya: Ekonom Bank Mandiri: Target pertumbuhan ekonomi kuartal II pemerintah sulit digapai

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×