kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Dukung UKM Masuk Pasar Global, Ini yang Dilakukan Kemendag


Kamis, 29 September 2022 / 13:18 WIB
Dukung UKM Masuk Pasar Global, Ini yang Dilakukan Kemendag
Perajin menyelesaikan pembuatan bakiak (sandal kayu) di Desa Klangonan, Gresik, Jawa Timur, Selasa (31/5/2022). Dukung UKM Masuk Pasar Global, Ini yang Dilakukan Kemendag.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku telah menyiapkan “jalan tol” bagi usaha kecil, dan menengah (UKM) Indonesia semakin maju dan berkembang terutama dapat go internasional. 

"UKM merupakan usaha padat karya, banyak orang yang terlibat. Kalau ingin menjadi negara maju, UKM harus didukung," kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Kamis (29/9). 

Zulkifli mengatakan pihaknya telah menyiapkan agar UKM bisa masuk pasar internasional, khususnya pasar baru. Di antaranya, melalui perjanjian dagang dengan negara mitra dagang nontradisional. 

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan: Target Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia Harus Tercapai

"Agar UKM kita bisa menyerbu pasar internasional, salah satunya dengan membuka pasar baru potensial. Misalnya perjanjian dengan Uni Emirat Arab untuk membuka pasar Timur Tengah, Asia Tengah, Afrika, serta Eropa Timur,”ujarnya.

Zulkifli juga menyiapkan program pembinaan pelaku UKM agar memasuki pamasaran digital. Menurut Zulkifli UMK harus memasuki platform digital agar dapat bersaing. 

Dalam kesempatan ini, ia juga mengajak pelaku UKM, khususnya busana muslim untuk mengikuti pameran internasional. salah satunya dengan berpartisipasi dalam Jakarta Muslim Fashion Week yang digelar bersamaan dengan Indonesia trade Expo ke- 37 pada Oktober 022 mendatang. 

Baca Juga: Dorong Legalitas Izin Usaha, Kementerian Investasi Bagikan NIB ke 550 UMK di Solo

Kemendag mengatakan akan disiapkan stan khusus bagi pelaku UKM. Kesempatan ini bisa digunakan pelaku UKM untuk memamerkan produknya karena acara ini dihadiri oleh buyer dari seluruh Indonesia. 

"Pada pameran ini buyer dari seluruh dunia akan hadir dan Kementerian Perdagangan menyediakan stan khusus untuk UKM," imbuh Mendag Zulhas. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×