kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DMI imbau mesjid tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan


Selasa, 07 September 2021 / 04:15 WIB
DMI imbau mesjid tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Mesjid Indonesia (DMI) mengimbau seluruh mesjid dan musala tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Imam Addaruqutni meminta agar himbauan DMI melalui beberapa Surat Edaran sebelumnya yang juga terkait pandemi Covid-19 masih tetap harus dilaksanakan masyarakat. Khususnya para jamaah mesjid dan disiplin dalam penerapan prokes di mesjid.

Imam mengatakan, konsistensi penerapan prokes oleh jamaah dan juga ketentuan prokes dalam seluruh atmosfir kebersamaan (berjamaah) di mesjid dan musala telah membuktikan bahwa mesjid selama periode merebaknya Covid-19 sebagai di antara tempat yang paling aman. Meski diasumsikan sangat rawan untuk kemungkinan terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di mesjid karena mesjid dan/atau musala terkait dengan berhimpunnya jemaah.

Baca Juga: Lagi, lima juta dosis vaksin Sinovac mendarat di Indonesia

Ia menyebut, penyebaran Covid-19 memang dari adanya kumpulan manusia-manusia dalam satu tempat. Namun, hingga saat ini mesjid dan/atau musala disiplin dalam menerapkan jaga jarak dan mengikuti ketentuan kapasitas maksimal yang diizinkan oleh pemerintah.

“Jadi intensitas seruan penerapan prokes oleh DMI ke wilayah-wilayah dan ke seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Ta'mir (pelaksana manajemen masjid dan jamaah) sejauh ini berjalan baik juga efektif,” ucap Imam saat dihubungi, Senin (6/9).

DMI mengimbau kepada DKM atau Ta’mir Masjid agar mesjid dapat dibuka untuk ibadah salat fardhu dengan penerapan protokol kesehatan ketat, tertib dan menjaga jarak. Jemaah wanita dan anak-anak sebaiknya berjamaah di rumah masing-masing selama PPKM.

Demi ketertiban, tegaknya prokes dan menghindarkan terjadinya cluster penyebaran Covid-19 di mesjid, akan lebih baik jika setiap mesjid memiliki petugas pengawas yang siaga mengingatkan jemaah.

Para jemaah diharapkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Setelah selesai melaksanakan salat, jemaah diminta segera kembali ke tempat kerja atau ke rumah masing-masing demi memperkecil potensi penyebaran Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Lindungi pekerja, industri wajib terapkan skrining pakai aplikasi PeduliLindungi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×