kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Ditunjuk jadi lokasi observasi, persiapan Pulau Sebaru sudah capai 85%


Kamis, 27 Februari 2020 / 20:01 WIB
Ditunjuk jadi lokasi observasi, persiapan Pulau Sebaru sudah capai 85%
Foto aerial Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (26/2/2020).

Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Panglima TNI dan Kapolri bersama-sama meninjau Pulau Sebaru untuk memastikan persiapan fasilitas observasi bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berasal dari kapal pesiar World Dream, Kamis (27/2). 

Hasil dari peninjauan lokasi tersebut terlihat bahwa persiapan lokasi penempatan untuk karantina WNI telah mencapai 85%.

Melihat perkembangan persiapan yang dilakukan tim gabungan, Panglima TNI Hadi Tjahjanto meminta agar proses persiapan rampung pada Jumat (28/2) sebelum pukul 08.00 WIB. 

Mengingat itu adalah perkiraan waktu dari KRI dr. Soeharso yang membawa WNI dari titik temu (rendesvouz) kapal pesiar World Dream di Kepulauan Riau akan tiba di Pulau Sebaru.

Baca Juga: Kemenkes kerahkan 39 dokter spesialis saat observasi WNI di Pulau Sebaru

“Kesiapan sudah 85%, tinggal melengkapi fasilitas pendukung saja,” kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kamis (27/2).

Proses persiapan kelengkapan baik dari fasilitas, personel serta alutsista untuk menyambut peserta observasi tersebut tergolong cepat. Seluruh kelengkapan memang telah dikirim dari Jakarta sejak Rabu (26/2) menggunakan KRI Banda Aceh. 

Sebelumnya, Direktur Pengelolaan Logistik BNPB Rustian memastikan bahwa fasilitas disiapkan untuk observasi WNI “jilid 2” ini lebih bagus dari yang sudah pernah dilakukan di Natuna pada akhir Januari 2020 lalu.

"Pulau Sebaru ini adalah rumah. Jadi ada kamar-kamarnya bagus, fasilitasnya sudah lengkap dan jauh lebih bagus dari Natuna sebelumnya. Diestimasikan dapat menampung sekitar 200 orang,” ungkap dia hari ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×