kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diskon listrik masih berlaku dua bulan ke depan, ini rinciannya


Rabu, 29 April 2020 / 08:11 WIB
Diskon listrik masih berlaku dua bulan ke depan, ini rinciannya
ILUSTRASI. Masa berlaku subsidi listrik untuk rekening listrik atau pembelian token listrik bulan April, Mei, dan Juni 2020.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana, Yusuf Imam Santoso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah memberikan diskon tarif bagi pelanggan listrik 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA. Ini sebagai respons pemerintah dalam menangani dampak coronavirus disease 2019 (Covid-19) terhadap perekonomian masyarakat.

Untuk rumah tangga dengan daya listrik 450 VA, pasca bayar tagihan listrik maka rekening listri bakal diberi gratis baik biaya pemakaian maupun biaya beban. Bagi pengguna listrik pra bayar setiap bulannya diberikan token gratis sebesar pemakaian tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir.

Untuk rumah tangga dengan daya listrik 900 VA, pasca bayar tagihan listrik maka rekening listrik yang dibayar hanya 50% dari biaya pemakaian dan biaya beban. Sementara, untuk pra bayar setiap bulan pemerintah memberikan token gratis sebanyak 50% dari pemakaian tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Terdampak corona, Sri Mulyani jajaki utang luar negeri dari ADB dan IsDB

Adapun masa berlaku subsidi listrik tersebut untuk rekening listrik atau pembelian token listrik bulan April, Mei, dan Juni 2020. Hitungan pemerintah subsidi itu dapat menolong 24 juta pelanggan dari kebutuhan listrik 450 VA dan 7 juta pelanggan untuk listrik 900 VA.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, PLN berupaya memastikan 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA yang mendapatkan listrik gratis dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon sebesar 50% untuk bulan April, Mei dan Juni.

Baca Juga: Jutaan Rakyat Jadi Miskin Karena Corona, Pemerintah Diminta Fokus Salurkan BLT

Adapun, stimulus untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi bisa didapatkan melalui website, dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×