kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Dirjen Pajak Prediksi Penerimaan Pajak Semester II 2022 Turun, Ini Sebabnya


Selasa, 02 Agustus 2022 / 14:05 WIB
Dirjen Pajak Prediksi Penerimaan Pajak Semester II 2022 Turun, Ini Sebabnya
Dirjen Pajak Suryo Utomo saat konferensi pers mengenai pengampunan pajak di kantor DJP Kementerian Keuangan, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Dirjen Pajak Prediksi Penerimaan Pajak Semester II 2022 Turun, Ini Sebabnya.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penerimaan pajak pada semester I-2022 sudah lebih dari setengah jalan untuk mencapai target pada tahun 2022.

Meski begitu, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Suryo Utomo mengingatkan ada kemungkinan penerimaan pajak pada semester II-2022 tak semoncer penerimaan pajak pada paruh pertama tahun ini. 

“Kami memperkirakan memang agak sedikit menurun, kekuatan pertumbuhan (pajaknya) di semester II-2022,” tutur Suryo saat ditemui awak media di kantor Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Selasa (2/8). 

Baca Juga: Ruang Fiskal Pemda Sangat Sempit, Burden Sharing dengan Pemda Sulit Dilakukan

Suryo melihat adanya ketidakpastian yang masih melingkupi prospek perekonomian pada semester II-2022, terkait dengan kondisi global. Karena penerimaan pajak merupakan cerminan perekonomian, maka memang penerimaan pajak ini juga dilingkupi ketidakpastian. 

Selain itu, harga-harga komoditas juga mulai turun pada paruh kedua tahun ini. Padahal, tren peningkatan harga komoditas menjadi salah satu faktor yang mendorong penerimaan pajak pada paruh pertama tahun ini. 

Meski memang masih dilingkupi ketidakpastian, Suryo tetap menunjukkan optimismenya bahwa pemerintah masih tetap bisa mendapatkan penerimaan yang moncer.

Baca Juga: Ditjen Pajak Kantongi Rp 73,08 Miliar dari Pajak Fintech

Dan ia terus berharap, faktor positif bisa membawa penerimaan mencapai target yang sudah ditetapkan. 

“Jadi, meski kami realistis. Kami tetap optimistis. Namun, sekali lagi kita harus tetap waspada dan terus melakukan perkiraan dari waktu ke waktu,” tandas Suryo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×