kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diduga terkait kasus suap penyidik KPK, Azis Syamsuddin diminta klarifikasi


Minggu, 25 April 2021 / 07:34 WIB
Diduga terkait kasus suap penyidik KPK, Azis Syamsuddin diminta klarifikasi
ILUSTRASI. Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), mendesak Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin segera menyampaikan klarifikasi soal dugaan keterlibatannya dalam kasus suap yang melibatkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut, keterangan dari Azis penting dilakukan karena ia merupakan anggota DPR. 

"MAKI memohon dan meminta kepada yang terhormat Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR RI segera memberikan klarifikasi terbuka," jelas Boyamin dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/4). 

"Karena apapun dia adalah wakil rakyat, sehingga wajib memberikan penjelasan kepada rakyatnya dalam bentuk jumpa pers atau melalui media sosial," tutur dia. 

Boyamin menilai, jika tak segera menyampaikan klarifikasi, justru akan semakin merugikan Azis. Sebab, masyarakat jadi menduga terkait keterlibatannya pada dugaan tindak suap yang sedang diusut KPK. 

"Dengan belum adanya klarifikasi dari Azis Syamsuddin justru akan merugikan dirinya karena masyarakat dapat dipastikan akan memaknai hal-hal yang buruk berdasar dugaan keadaan yang disembunyikan," ungkap Boyamin. 

Baca Juga: Ketua KPK ungkap peran Azis Syamsuddin dalam kasus dugaan suap penyidik KPK

Terakhir, Boyamin menuturkan jika tidak ada yang ditutupi terkait kasus itu, Azis semestinya segera memberi keterangan terbuka. "Kalau tidak ada masalah mestinya buka-bukaan tanpa ada yang ditutupi," kata Boyamin. 

Azis Syamsuddin diduga terlibat dalam kasus dugaan suap yang melibatkan penyidik KPK Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara, M Syahrial. 

Dalam keterangan persnya, Kamis (22/4), Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan Azis diduga adalah pihak yang mengenalkan Stepanus Robin dan M Syahrial.

Setelah perkenalan tersebut M Syahrial menyepakati permintaan Stepanus Robin untuk membayar Rp 1,5 miliar dengan janji akan menutup kasus dugaan korupsi di pemerintahan Tanjungbalai pada tahun 2020-2021 yang sedang diselidiki KPK. (Tatang Guritno)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Azis Syamsuddin Didesak Klarifikasi Dugaan Keterlibatan di Kasus Suap Penyidik KPK".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×