kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Di tengah wabah corona, ekonom: Pertumbuhan ekonomi masih punya harapan di atas 4%


Jumat, 20 Maret 2020 / 20:11 WIB
Di tengah wabah corona, ekonom: Pertumbuhan ekonomi masih punya harapan di atas 4%
ILUSTRASI. Pengunjung berjalan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Ekonom Bank Permata memperkirakan pertumbuhan ekonomi masih punya harapan di atas 4% meski ada wabah corona. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Reporter: Grace Olivia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyiapkan berbagai skenario dampak penyebaran virus corona alias Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada skenario moderat diperkirakan masih mampu tumbuh di atas 4%. Namun pada skenario terburuk, pemerintah melihat ekonomi Indonesia berpotensi hanya tumbuh 2,5% hingga bahkan 0% pada 2020.

Baca Juga: Ada wabah corona, BI: Inflasi Maret diproyeksi 0,11%

Ekonom Bank Permata Josua Pardede memandang, pertumbuhan di atas level 4% memang tak mustahil. Toh, proyeksi tersebut juga sejalan dengan Bank Indonesia yang kemarin memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kisaran 4,2% - 4,6% di 2020. 

Menurut Josua, proyeksi pertumbuhan tersebut berdasarkan asumsi bahwa titik terlemah perekonomian Indonesia akan berada di kuartal kedua. Selanjutnya pada kuartal ketiga dan keempat, ekonomi diasumsikan mengalami perbaikan dengan cukup cepat. 

“Konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah akan tetap tumbuh dan menjadi sumber penopang. Meskipun melambat tapi tidak akan sampai negatif kalau dengan skenario moderat ini,” kata Josua kepada Kontan.co.id, Jumat (20/3). 

Baca Juga: Antisipasi dampak corona, multifinance juga dapat stimulus dari OJK

Jika durasi penyebaran Covid-19 bisa berakhir pada semester pertama, didukung oleh kebijakan insentif dan stimulus pemerintah serta realokasi belanja pemerintah yang efektif dan optimal, Josua memprediksi konsumsi rumah tangga masih bisa terjaga pertumbuhannya pada kisaran 4% sepanjang tahun ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×