kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delegasi Forum DEWG G20 Dukung Isu Arus Data Lintas Negara Masuk Bahasan G20


Kamis, 31 Maret 2022 / 13:44 WIB
Delegasi Forum DEWG G20 Dukung Isu Arus Data Lintas Negara Masuk Bahasan G20
ILUSTRASI. Arus data lintas negara menjadi topik pembahasan di G20.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Arus data lintas negara menjadi topik pembahasan di G20. Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mira Tayyiba mengatakan, delegasi negara anggota G20 yang hadir virtual mendukung isu prioritas arus data lintas negara menjadi bahasan dialog multistakeholders sesuai rekomendasi Presidensi G20 Italia sebelumnya.

"Delegasi mendukung upaya menemukan kesepahaman bersama tentang arus data dan identitas digital dalam lingkungan digital yang aman serta melanjutkan pembahasan dalam presidensi sebelumnya," ujar Mira pada pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) G20, Rabu (30/3).

Pertemuan pertama Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) G20 hari kedua dengan agenda pembahasan tentang arus data lintas batas negara menghasilkan kesepakatan penting.

Mira yang juga menjadi Chair DEWG G20 menyebutkan, delegasi negara anggota G20 menyepakati tata kelola data global merupakan hal penting dalam mendukung pelindungan data pribadi, bisnis dan perdagangan internasional, serta arus data lintas negara.

Baca Juga: Rusia Tak Ada Masalah Jika Dicoret dari KTT G20 Indonesia, Namun Peringatkan Hal Ini

"Delegasi sepakat bahwa kerangka tata kelola data global meliputi pelindungan data pribadi, privasi data, dan penghapusan hambatan perdagangan menjadi dasar untuk mendukung operasi bisnis, perdagangan internasional, serta arus data lintas negara," ujarnya dalam pertemuan pertama DEWG G20 yang berlangsung hibrida di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Rabu (30/03).

Mira menjelaskan beberapa hal penting yang menjadi perhatian delegasi negara anggota G20. Salah satunya untuk tidak membuka diskusi tentang definisi trust dalam istilah data free flow with trust dan empat prinsip dalam arus data lintas negara.

"Namun fokus dalam praktik dan operasional untuk menghargai aturan yang berbeda-beda dari masing-masing negara G20," ungkapnya.

Menurut Mira, delegasi menyarankan G20 untuk mengambil langkah secara bertahap dan fokus pada upaya yang tidak terlalu ambisius dengan berbagi kebijakan dan pengalaman berkaitan dengan tata kelola data.

Meskipun demikian, Mira meminta delegasi untuk melanjutkan perkembangan terhadap isu ini sesuai konsep yang diajukan Presidensi G20 Indonesia.

Baca Juga: Pembahasan Tuberkulosis di Forum G20 Disebut Jadi Langkah Kongkrit untuk Eleminasi TB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×