kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Ini yang Harus Dilakukan Pemudik Saat Istirahat di Rest Area Jalan Tol


Minggu, 24 April 2022 / 08:14 WIB
Catat! Ini yang Harus Dilakukan Pemudik Saat Istirahat di Rest Area Jalan Tol
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan terlihat memadati ruas jalan Tol Semarang menuju Solo tepatnya di rest area KM 429A. TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus mengupayakan agar mudik tahun 2022 dapat berjalan lancar. Salah satunya dengan meningkatkan fasilitas di Rest area sepanjang jalan tol.

Meski demikian Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan sejumlah rest area yang terbangun di sepanjang jalan tol tidak akan mampu menampung semua pengguna jalan tol untuk beristirahat.

“Pilihannya adalah harus mengantri masuk rest area di jalan tol atau mencari rest area di luar jalan tol,” kata Djoko dalam keterangan pers yang diberikan pada Kontan.co.id, Sabtu (24/4)

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan survey ketiga Badan Litbang, Kementerian Perhubungan Maret 2022, pilihan pemudik menggunakan jalan Tol Trans Jawa 24,1%. Lebih tinggi daripada pilihan menggunakan jalur lintas tengah Jawa 9,7%, Tol Cipularang 9,2%, Tol Jagorawi 4,2%, Tol Jakarta-Merak 3,5% dan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) 0,7%.

Baca Juga: Agar Mudik Lewat Jalan Tol Lancar, Simak Saran Pengamat Berikut

Lebih lanjut Djoko mengimbau agar pemudik mematuhi sejumlah aturan yang harus ada selama di rest area di jalan tol, seperti tidak berlama-lama di rest area, maksimal 30 menit, dianjurkan untuk take away makanan, selalu menerapkan protokol kesehatan selama berada di rest area, menjaga kebersihan rest area.

“Dan apabila rest area penuh, agar menggunakan rest area di lokasi berikutnya, dan manfaatkan posko pelayanan kesehatan di rest area apabila memerlukan pengecekan kesehatan,” tambahnya.

Yang harus diperhatikan selama berada di jalan tol adalah jangan sekali kali beristirahat menggunakan bahu jalan tol. Karena keberadaan bahu jalan tol untuk keadaan darurat. Karena sering ditemukan kebiasaan memilih beristirahat di bahu jalan yang berada di bawah jembatan yang melintas di jalan tol, merasa teduh dan tidak kepanasan.

Djoko mengaskan kepada petugas mobil patrol jalan tol untuk jangan membiarkan jika menemukan sejumlah kendaraan beristirahat di bahu jalan.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Kementan Gelar Pangan Murah di Markas Kodim Tigaraksa Minggu Pagi

“Segeralah meminta untuk melanjutkan perjalanan atau keluar jalan tol terdekat untuk mencari tempat istirahat yang lebih aman,” kata Djoko.

Djoko berharap, ke depan, pembenahan penataan di sejumlah rest area harus dilakukan supaya rest area bukan lagi sebagai salah satu penyebab kemacetan dengan antrian masuk yang cukup panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×