kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Bukan Cuma Rafale, Indonesia Siap Borong Jet Tempur Canggih F-15


Jumat, 11 Februari 2022 / 13:04 WIB
Bukan Cuma Rafale, Indonesia Siap Borong Jet Tempur Canggih F-15
ILUSTRASI. Sebuah jet tempur F-15 Angkatan Udara AS melakukan terbang lintas tingkat rendah di atas Pangkalan Operasi Maju Bostick di Afghanistan timur 1 Januari 2009. AS menyetujui potensi penjualan jet tempur canggih F-15 ke Indonesia. REUTERS/Bob Strong.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Di hari yang sama Indonesia dan Prancis menandatangani pembelian jet tempur Rafale, AS menyetujui potensi penjualan jet tempur canggih F-15 ke negara kita, termasuk mesin dan peralatan terkait, amunisi, serta sistem komunikasi.

“Sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Indonesia dalam mengembangkan dan mempertahankan kemampuan bela diri yang kuat dan efektif,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan Jumat (10/2), seperti dikutip Reuters.

"Potensi penjualan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS dengan meningkatkan keamanan mitra regional penting yang merupakan kekuatan untuk stabilitas politik, dan kemajuan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik," sebut Departemen Luar Negeri AS.

Baca Juga: Prancis: Sudah Resmi, Indonesia Pesan 42 Jet Tempur Rafale

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui potensi penjualan 36 jet tempur canggih F-15ID, mesin, dan peralatan terkait, termasuk amunisi serta sistem komunikasi ke Indonesia senilai US$ 13,9 miliar atau hampir Rp 200 triliun.

Sementara Departemen Pertahanan AS alias Pentagon menyebutkan, Boeing adalah kontraktor utama untuk jet tempur F-15ID.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly mengonfirmasi, Indonesia akan memesan 42 jet tempur Rafale. "Sudah resmi: Indonesia memesan 42 Rafale," katanya dalam tweet yang menambahkan, juga akan bekerjasama di sektor kapal selam, seperti dilansir Reuters.

Selain akuisisi jet tempur Rafale, penandatangan kontrak juga sepaket dengan dukungan latihan persenjataan dari Perancis. "(Termasuk) dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan," ujar Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×