kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJT Kembali Lakukan Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan di Ruas Jalan Tol Ini


Kamis, 27 Oktober 2022 / 21:04 WIB
BPJT Kembali Lakukan Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan di Ruas Jalan Tol Ini
ILUSTRASI. BPJT kembali lakukan penilaian jalan tol berkelanjutan di ruas tol Jakarta, Bandung hingga Semarang . ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bersama Direktorat Jenderal Bina Marga serta Tim Pakar/Ahli Jalan Tol Berkelanjutan kembali melakukan peninjauan penilaian rangkaian Jalan Tol Berkelanjutan tahun 2022 di sepanjang Ruas Jalan Tol Jakarta, Bandung, hingga  Semarang.    

Adapun ruas Jalan Tol yang dilakukan penilaian adalah :

1. Jalan Tol Cipularang - Padaleunyi
2. Jalan Tol Soreang - Pasir Koja
3. Jalan Tol Cileuyi-Sumedang-Dawuan Seksi I
4. Jalan Tol Jakarta - Cikampek
5. Jalan Tol Cikampek - Palimanan
6. Jalan Tol Palimanan - Kanci
7. Jalan Tol Kanci - Pejagan
8. Jalan Tol Pejagan - Pemalang
9. Jalan Tol Pemalang - Batang
10. Jalan Tol Batang - Semarang

Dalam keterangan resmi BPJT, penilaian dilakukan pada ruas jalan dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) / Rest Area yakni aspek Kenyamanan, Kelancaran dan Keselamatan dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) lebih kepada menjalankan mandatory dari Menteri PUPR terkait Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol.

Baca Juga: Jalan Tol Ini akan Segera Dioperasikan November-Desember 2022, Mana Saja?

Adapun penilaian Jalan Tol Berkelanjutan di luar SPM, mengikuti UU No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Permen PUPR N0. 13 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. 

Tim Ahli/Pakar Penilaian Jalan Tol Berkelanjutan Endang Setyaningrum melakukan penilaian dari segi keciptakaryaan yang meliputi pengolahan air limbah UMKM di TIP, Tempat Ibadah, tempat penampungan akhir sampah, dan drainase. 

"Dalam pelaksanaannya setiap TIP diwajibkan memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sehingga memungkinkan air tersebut tidak membahayakan dan dapat digunakan pada aktivitas lainnya," kata Endang dalam keterangan resminya, Kamis (27/10).

Setiap tahun terdapat tema penilaian Jalan Tol Berkelanjutan, tahun 2022 ini mengusung tema yakni hemat energi seperti meminimalisir penerangan pada siang hari, penghematan energi dengan menggunakan pembangkit listrik solar cell

Baca Juga: Pemerintah Lakukan Penilaian Kualitas Layanan Jalan Tol dan Rest Area Jabodetabek

Kemudian juga ada penilaian dari sisi beautifikasi yang mengacu pada Peningkatan SPM (Standar Pelayanan Minimal) Jalan Tol seperti pengecatan ulang barrier dan railing Jalan Tol, Penghijauan di Jalan Tol. 

Unsur penilaian beautifikasi ini cukup berperan penting, dari segi estetika keindahan lingkungan sekitar TIP karna cukup mempengaruhi pemulihan kondisi pengendara saat istirahat setelah lelah berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×