CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

BKPM Catat Singapura Jadi Top Investor Indonesia, Bahlil: Jangan Terkecoh


Rabu, 27 April 2022 / 18:07 WIB
BKPM Catat Singapura Jadi Top Investor Indonesia, Bahlil: Jangan Terkecoh
ILUSTRASI. Pemandangan dari udara menunjukkan bangunan komersial dan perumahan di pusat Singapura, 22 Juni 2019. BKPM Catat Singapura Jadi Top Investor Indonesia, Bahlil: Jangan Terkecoh.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang kuartal I-2022 sebesar Rp 282,4 triliun, tumbuh 28,5% year on year (yoy).

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa realisasi ini didomiinasi oleh Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 147,2 triliun atau tumbuh 31,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 135,2 triliun atau tumbuh 25,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dalam laporannya, Singapura masih menjadi negara asal PMA yang paling banyak menanamkan modalnya di Indonesia dengan nilai US$ 3,6 miliar pada kuartal I-2022. Namun Bahlil mengatakan agar tidak terkecoh dengan datanya, mengingat Singapura merupakan hub dari berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Menteri Bahlil Yakin Perang Rusia-Ukraina Tidak Berdampak ke Investasi di Indonesia

“Sekali saya tidak bosan-bosan mengatakan jangan kita terkecoh dengan data soal negara asal ini. Karena Singapura itu saya tidak yakin, jujur saja, bahwa ini uang orang Singapura semua. Singapura ini Cuma jadi hub saja,” ujar Bahlil dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan I 2022 melalui daring, Rabu (27/4).

Bahlil mengatakan, nilai investasi dari Singapura tersebut terdapat juga uang orang Indonesia di dalamnya. Hal ini dikarenakan orang Indonesia yang membangun perusahaan di sana. “Dan ini sudah terkonfirmasi oleh marketing inteligen kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Hong Kong menempati posisi kedua dengan realisasi investasi sebesar US$ 1,5 miliar. Disusul China sebesar US$ 1,4 miliar dan Jepang sebesar US$ 800 juta. Dan posisi kelima ditempati oleh Amerika Serikat dengan realisasi investasi sebesar US$ 600 juta.

Baca Juga: Realisasi Investasi Sepanjang Kuartal I-2022 Mencapai Rp 282,4 Triliun

“Yang menarik ini Jepang sama Amerika. Ini di kuartal I tahun lalu ini tidak masuk lima besar. Tapi di kuartal IV 2021 sudah masuk ini stabil. Jadi sudah merata,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×