kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa berimbas fatal, Jokowi: Saya tak bisa membayangkan kalau dulu kita lockdown...


Kamis, 16 Juli 2020 / 06:57 WIB
Bisa berimbas fatal, Jokowi: Saya tak bisa membayangkan kalau dulu kita lockdown...


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah pemerintah Indonesia untuk tidak melakukan karantina wilayah atau lockdown dalam menghadapi pandemi virus corona Covid-19 dinilai sudah tepat. Presiden Joko Widodo  menyebut, jika kebijakan lockdown diberlakukan, maka hal itu akan berimbas fatal bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Saya enggak bisa bayangin kalau kita dulu lockdown gitu, mungkin (pertumbuhan ekonomi) bisa minus 17 (persen)," kata Presiden Jokowi saat saat rapat dengan para gubernur di Istana Bogor, Rabu (15/7/2020) dikutip dari Setkab.go.id.

Desakan untuk lockdown diketahui disuarakan sejumlah pihak saat virus corona mulai mewabah di Indonesia pada Maret lalu. Namun Presiden Jokowi lebih memilih menggunakan skema Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penularan.

Baca Juga: Agar selamat dari resesi, Jokowi minta kepala daerah genjot belanja

Menurut Presiden Jokowi, akibat tidak lockdown, maka pertubuhan ekonomi Indonesia saat ini masih lebih baik ketimbang negara-negara lain. Pada kuartal pertama, ekonomi RI masih tumbuh di angka 2,97%, meskipun turun dari kisaran 5%.

Pada kuartal kedua ini, Presiden Jokowi mengaku sudah menerima prediksi bahwa ekonomi akan minus 4,3%. Namun, ia menegaskan, angka itu masih lebih baik ketimbang negara-negara lain yang diprediksi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Baca Juga: Asyik, Jokowi bagi-bagi modal Rp 2,4 juta ke pedagang kecil

"Terakhir yang saya terima dari OECD, Perancis misalnya di angka minus 17,2%. Inggris minus 15,4%. Jerman minus 11,2%. Amerika (Serikat) minus 9,7%," kata Presiden Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Saya Tidak Bisa Bayangin Kalau Dulu Kita Lockdown..."
Penulis : Ihsanuddin
Editor : Fabian Januarius Kuwado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×