CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,80   -7,94   -0.79%
  • EMAS988.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

BI Prediksi The Fed Akan Kerek Suku Bunga Sebanyak 4 Kali di 2022


Kamis, 20 Januari 2022 / 18:54 WIB
BI Prediksi The Fed Akan Kerek Suku Bunga Sebanyak 4 Kali di 2022
ILUSTRASI. Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell. BI Prediksi The Fed Akan Kerek Suku Bunga Sebanyak 4 Kali di 2022


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) bakal menaikkan suku bunga kebijakannya empat kali pada tahun ini. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, perkiraannya, suku bunga kebijakan bank sentral negara Paman Sam tersebut akan menaikkan suku bunga acuan mulai bulan Maret 2022. 

“Kenaikan Maret 2022 probalitasnya tinggi. Apakah naiknya 25 basis poin (bps) atau 50 bps? Ini akan kami baca lebih lanjut,” kata Perry, Kamis (20/1) via video conference. 

Peningkatan suku bunga kebijakan ini tentu akan membawa dampak ke perekonomian Indonesia. Namun, Perry menekankan dampaknya akan lebih terasa pada kondisi eksternal Indonesia. 

Baca Juga: Ekonom: BI Masih Akan Pertahankan Suku Bunga Acuan di Awal Tahun Ini

Dampak pertama, adanya peningkatan imbal hasil obligasi pemerintah AS atau US Treasury (UST) yang bisa naik 2% atau bahkan lebih tinggi. 

Tentu saja, ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk menjaga interest rate differential atau perbedaan tingkat suku bunga dengan Surat Berharga Negara (SBN).

“Ini nanti kemudian akan berpengaruh terhadap arus modal asing, terutama di portofolio pada SBN dalam negeri,” jelas Perry. 

Kedua, implikasinya kemudian kepada stabilitas nilai tuar rupiah. Karena kalau ada hambatan aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik, maka nilai tukar rupiah bisa tertekan. 

Baca Juga: Keputusan PBoC Pangkas Bunga Bisa Membuat Rupiah Menguat Terbatas

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×