kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

BI catat penjualan ritel akhir 2019 melempem, ini penyebabnya


Sabtu, 11 Januari 2020 / 06:41 WIB
BI catat penjualan ritel akhir 2019 melempem, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Gerai Baru Transmart: Suasana saat peresmian Gerai Baru Transmart di Transpark Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (20/12).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Momentum perayaan Natal dan tahun baru tak mampu mengungkit pertumbuhan penjualan ritel. Penjualan eceran menjelang akhir 2019 malah terlihat lesu.

Hasil Survei Penjualan Eceran yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2019 tercatat sebesar 216,6, naik tipis 0,9 poin dari Oktober.

Angka itu tumbuh 1,3% year on year (yoy), tapi melambat ketimbang pertumbuhan bulan sebelumnya yang mencapai 3,6% yoy.

BI mencatat, sejumlah kelompok barang mengalami penurunan yang lebih dalam dibanding November 2019. Misalnya, bahan bakar kendaraan, peralatan informasi dan komunikasi, barang budaya dan rekreasi, serta sandang.

"Kendati melambat, penjualan eceran tetap tumbuh positif," kata BI dalam laporan yang dikutip Jumat (10/1).

Secara regional, perlambatan penjualan disebabkan oleh penurunan penjualan yang terjadi di sejumlah kota. Di antaranya, penurunan penjualan di Kota Medan hingga 6,5% yoy, dan Denpasar yang turun 4,9% yoy.

Penurunan penjualan di dua kota tersebut diperkirakan masih akan berlanjut ke Desember 2019. BI memperkirakan, penjualan eceran di dua wilayah tersebut masing-masing turun 9,4% dan 4,8% atau lebih dalam dari bulan sebelumnya.




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×