kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI: Bauran kebijakan moneter bantu dorong investasi langsung


Kamis, 31 Oktober 2019 / 17:22 WIB
BI: Bauran kebijakan moneter bantu dorong investasi langsung
ILUSTRASI. Realisasi investasi asing langsung atau foregn direct investment (FDI) pada kuartal III-2019 tercatat moncer. REUTERS/Willy Kurniawan


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Realisasi investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) pada kuartal III-2019 tercatat moncer. Selain dipengaruhi oleh kebijakan fiskal, nampaknya kebijakan moneter pun menjadi faktor pendorong FDI.

Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia (BI) Retno Ponco Windarti mengatakan bauran kebijakan moneter tidak dipungkiri telah mendorong investasi langsung. Menurutnya, dana asing yang masuk ke Indonesia akan melihat faktor fundamental, termasuk kebijakan yang solid dari sisi moneter.

Baca Juga: Hadapi tantangan ekonomi, BI berkomitmen jaga stabilitas sistem keuangan

Retno memaparkan ada beberapa poin bauran kebijakan moneter yang di tahun ini menjadi strategi BI pertama penurunan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reserve Repo Rate (BI7DRR). Kedua kebijakan makroprudensial dalam sistem pembayaran. Ketiga, kebijakan di bidang operasi moneter yang menjamin agar likuiditas tetap terjaga. 

“Satu bauran kebijakan yang kami nilai cukup solid memberikan keyakinan konteks kebijakan secara keseluruhan. Ini menjadi salah satu pertimbangan juga bagi investor asing untuk menanamkan modalnya ke daerah,” kata Retno, Kamis (31/10).

Di sisi lain, prospek arah kebijakan moneter dinilainya akan menjadi bahan pertimbangan selanjutnya. Retno mengaku, investor asing banyak menimbang kredibilitas moneter suatu negara.

Ekonom BCA David Sumual menambahkan stabilitas moneter yang terjaga dinilai menjadi salah satu penyebab realisasi investasi langsung moncer. Prospek sektor keuangan jangka panjang yang solid akan menjadi pertimbangan para investor.

Baca Juga: Total simpanan di bank per September 2019 tembus Rp 5.984,42 triliun

Sehingga, stabilitas moneter dari sisi nilai tukar atau kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) perlu dipertahankan. Dari kaca mata David, dalam sepuluh sampai dengan lima tahun terakhir kurs rupiah semakin stabil dibandingkan dengan dua puluh tahun lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×