kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok (12/12) Debat Capres-Cawapres Dimulai, Cek Format Debat & Topik Pertanyaan


Senin, 11 Desember 2023 / 05:20 WIB
Besok (12/12) Debat Capres-Cawapres Dimulai, Cek Format Debat & Topik Pertanyaan
ILUSTRASI. Besok (12/12) Debat Capres-Cawapres Dimulai, Cek Format Debat & Topik Pertanyaan


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Debat Capres Pemilu 2024 - JAKARTA. Siap-siap mengikuti debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024. Sebelum menonton debat, kenali format debat dan tema debat capres-cawapres Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menyiapkan jadwal debat capres-cawapres 2024. Debat capres-cawapres Pemilu 2024 secara perdana pada 12 Desember 2023.

KPU besama ketiga tim pasangan calon (paslon) menyepakati format dan tema debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pemilu 2024. Kesepakatan tercapai pada Rapat Koordinasi antara KPU Bersama Ketiga Tim Pasangan Calon yang berlangsung di Kantor KPU, Rabu (6/12/2023).Hadir Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Anggota KPU August Mellaz, Yulianto Sudrajat dan Mochammad Afifuddin.

Pascarapat, Hasyim menjelaskan kesepakatan terkait format debat, yakni pertama untuk debat capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres dan debat kelima atau yang terakhir untuk debat capres.

Adapun untuk topik atau tema debat capres Pemilu 2024 yang pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. Debat kedua bertema Ekonomi (baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan.

Debat ketiga bertema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Debat keempat bertema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Dan debat kelima atau terakhir bertema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan juga Inklusi. “Itu yang menjadi tema untuk debat pertama sampai debat kelima dan juga porsi untuk siapa yang akan tampil dalam perdebatan itu,” ungkap Hasyim.

Berikutnya KPU menurut Hasyim juga telah menyiapkan nama-nama tim panelis untuk masing-masing tema debat. Namun KPU juga memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU hingga Jumat, 8 Desember 2023.

“Kemudian, pembicaraan kita yang keempat soal moderator. KPU juga sudah menyiapkan nama-nama usulan untuk moderator. Jadi moderator itu nanti yang akan memimpin atau memoderasi debat capres-cawapres itu. Masing-masing debat satu sampai debat kelima itu moderatornya ada dua orang, laki-laki dan perempuan. Ini sedang kita matangkan,” tutur Hasyim.

Hal lainnya, Hasyim juga menyampaikan KPU bersama tim paslon telah menyepakati penentuan jumlah undangan yang berhak hadir langsung pada kegiatan debat kandidat. Disepakati jumlah pendukung masing-masing paslon maksimal adalah 50 orang. “Jadi KPU akan menyiapkan undangan kepada tim pasangan calon 1, 2, dan 3, 50 orang. Nah tentang siapa-siapa nya kami serahkan kepada masing-masing pasangan calon tentang siapa yang akan diundang atau diberikan undangan tersebut,” ucap Hasyim.

Menutup penyampaian, Hasyim mengumumkan debat pertama, 12 Desember 2023 akan dilaksanakan di Kantor KPU dan debat berlangsung selama 120 menit. “Tentang siapa saja komposisi tim media televisi yang akan menyiarkan, nanti akan kami informasikan lebih lanjut karena masih pembahasan antara tim KPU dengan tim media televisi,” tutup Hasyim

Panelis debat capres pertama

Diberitakan Kompas.com, untuk debat capres -cawapres Pemilu 2024, KPU telah menyiapkan 11 nama panelis dalam debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan digelar 12 Desember 2023.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, 11 nama tersebut sudah menyatakan bersedia menjadi panelis debat perdana.

"Panelis itu kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang yang akan jadi panelis untuk debat pertama," ujar August saat dikonfirmasi, Sabtu (9/12/2023).

Ia mengatakan, 11 panelis itu sudah dihubungi untuk kemudian akan dikarantina mulai Minggu (10/12/2023).

Dalam masa karantina tersebut, 11 panelis yang sudah bersedia itu akan menyusun pertanyaan dengan tema yang sudah ditentukan KPU yaitu terkait hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, penguatan demokrasi, pelayanan publik, penanganan disinformasi dan kerukunan warga.

Berikut 11 nama panelis debat capres-cawapres perdana yang dimaksud August Mellaz:

1. Pakar Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, Mada Sukmajati

2. Pakar Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana, Rudi Rohi

3. Ahli Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro, Lita Tyesta ALW

4. Pakar Hukum Universitas Andalas, Khairul Fahmi

5. Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret, Agus Riewanto

6. Pakar Tata Hukum Negara Universitas Padjadjaran, Susi Dwi Harijanti

7. Guru Besar Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono

8. Ketua Komnas HAM 2017-2022, Ahmad Taufan Damanik

9. Guru Besar Studi Agama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Phil. Al Makin

10. Pengajar UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto

11. Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada, Wawan Mas’udi.

Sedangkan untuk moderator debat dipilih jurnalis Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Itulah informasi debat capres-cawapres Pemilu 2024. Mari kita lihat kemampuan masing-masing capres dan cawapres beradu gagasan dalam debat capres-cawapres Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×