kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Debat Capres-Cawapres Perdana, Pasangan Anies-Muhaimin Bakal Mengangkat Isu Ini


Minggu, 10 Desember 2023 / 12:45 WIB
Debat Capres-Cawapres Perdana, Pasangan Anies-Muhaimin Bakal Mengangkat Isu Ini


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Usamah Abdul Aziz menyampaikan, pada debat perdana Capres-Cawapres 2024 Capres Anies Baswedan bakal lebih banyak berbicara mengenai korupsi. 

Pasalnya, korupsi dinilai kerap menjadi penghambat dalam kemajuan sebuah bangsa. Tak hanya itu, Anies kata Usamah juga akan memfokuskan pada bagaimana terobosan untuk sistem pelayanan publik dan mewujudkan kerukunan warga.  

"Visi misi akan di sampaikan sesuai dengan tema debat pertama, kita akan lebih banyak soal korupsi yang menjadi penghambat kemajuan bangsa dan juga sistem pelayanan publik dan kerukunan warga yang akan menjadikan Jakarta sebagai contoh terbaik," jelasnya dihubungi Kontan.co.id, Minggu (10/12).

Baca Juga: TKN Sebut Prabowo-Gibran Siap Hadapi Debat Capres-Cawapres

Hal tersebut senada dengan tema debat pertama yang diadakan  KPU mengusung tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Tak lupa, Usamah menambahkan, Anies juga akan menitikberatkan soal pelanggaran HAM dan cara pencegahannya dalam debat nanti. 

Meski demikian, Usamah menyebut penyampaian visi dan misi AMIN juga tetap akan dikedepankan sesuai dengan tema debat yang bakal digelar 12 Desember mendatang.  

Mengenai pemberantasan korupsi, Ia mengatakan dibawah pasangan Capres-Cawapres AMIN KPK nantinya akan semakin diperkuat. Dimana KPK tak menutup kemungkinan adanya pengkajian UU mengenai KPK. 

"KPK akan kita kembalikan seperti dulu, UU KPK kita kaji kembali, orang berintegritas akan kita tambah dan independensinya kita perkuat," ujarnya. 

Sekretaris Dewan Pakar Timnas AMIN, Wijayanto Samirin menuturkan, Capres Anies  Baswedan akan menyampaikan banyak terobosan dalam debat, dengan menggunakan Visi-Misi sebagai referensi utama. 

Baca Juga: Debat Capres-Cawapres Perdana 12 Desember, Ini Daftar 11 Panelisnya

Ia mengatakan, tema debat Capres pertama tersebut sesuai dengan Misi 8 AMIN yakni memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.

Wijayanto mengungkap, tak ada persiapan khusus bagi Anies untuk mengikuti debat tersebut. Pasalnya, diskusi di internal AMIN sudah sangat intensif terutama dalam penyusunan visi dan misi yang dibawa. 

"Tidak ada persiapan khusus untuk beliau (Anies), karena diskusi internal sudah sangat intensif dgn beliau, dalam proses penyusunan Visi dan Misi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×