kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,56   -0,07   -0.01%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bertemu Dubes Uni Eropa, Menkominfo Johnny G Plate Ajak Investasi di Sektor Digital


Selasa, 07 Juni 2022 / 20:30 WIB
Bertemu Dubes Uni Eropa, Menkominfo Johnny G Plate Ajak Investasi di Sektor Digital
Menkominfo Johnny G Plate bertemu Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta (7/6/2022).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bertemu Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Johnny mengatakan, pertemuan tersebut diantaranya berkaitan dengan potensi kerjasama di sektor infrastruktur digital dan potensi investasi dari Uni Eropa di Indonesia. Termasuk mendiskusikan legislasi sebagai payung hukum yang meningkatkan kerjasama ekonomi di bidang digital.

Johnny mengatakan, Uni Eropa memiliki European Investment Bank (EIB) yang sudah hadir dan pernah investasi di Indonesia. Ia bilang, sampai saat ini EIB sudah bernvestasi sekitar US$ 500 juta.

Johnny bilang EIB mempunyai portofolio yang sangat besar. Diperkirakan EIB dapat berinvestasi sekitar US$ 1 miliar di Indonesia.

Baca Juga: Menjaga Keamanan Lintas Data Digital

"Saya membuka ruang investasi di sektor digital. Mulai dari upstream, ICT infrastructure, apakah itu fiber optic, satelit, sampai ke base transceiver station (BTS) dan downstream ICT infrastructure seperti pusat pusat data," ujar Johnny di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (7/6).

Johnny menyebut, Indonesia merupakan pasar yang besar yakni sekitar 272 juta penduduk. Indonesia juga merupakan bagian dari pasar ASEAN dengan jumlahnya sekitar 600 juta penduduk.

Begitu juga Uni Eropa yang mempunyai pasar sekitar 400 juta penduduk. Sebab itu, kerjasama antara Indonesia dengan Uni Eropa perlu ditingkatkan. Terlebih saat ini dengan kondisi penularan Covid-19 yang mulai melandai.

Baca Juga: Perkuat Sektor Digital, Menkominfo Ajak Kerja Sama Jerman, Jepang dan Malaysia

"Jadi ada potensi investasi di sektor hulu, digital dan potensi investasi di sektor hilir digital yang bisa mengikutsertakan European Investment Bank untuk mengambil bagian pembiayaan nya," ucap Johnny.

Senada, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket menyambut baik pertemuan yang telah dilakukan dengan Menkominfo hari ini. Menurutnya, Uni Eropa dan Indonesia akan menjajaki peluang investasi sektor digital di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×