kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkat Shopee, Brand Roughneck 1991 Tembus Ekspor Hingga Brasil


Senin, 03 Mei 2021 / 19:29 WIB
Berkat Shopee, Brand Roughneck 1991 Tembus Ekspor Hingga Brasil
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Dengan bantuan Shopee, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa melakukan ekspor untuk memperluas pangsa penjualan. Melanjutkan komitmen dalam mewujudkan 500,000 eksportir baru hingga tahun 2030, Shopee kembali memperluas jangkauan ekspor melalui Program Ekspor Shopee Kreasi Nusantara ‘Dari Lokal untuk Global’ dengan peluncuran destinasi negara terbaru yaitu Brasil, Amerika Selatan.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan Shopee melihat potensi yang kuat dalam produk-produk lokal untuk bersaing di ranah internasiona. Sebagai platform berbasis teknologi Shopee terus berupaya untuk memberikan medium dan solusi untuk membawa karya lokal tanah air agar dapat dikenal di berbagai negara.

“Hadirnya destinasi ekspor terbaru, yaitu Brasil, merupakan upaya kami untuk turut ikut serta dalam merealisasikan komitmen pemerintah dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan penjual lokal di Indonesia. Kami berharap program ini tidak hanya menjadi wadah tetapi juga solusi untuk meningkatkan eksposur produk-produk lokal di pasar dunia,” kata Handhika.

Program ekspor Shopee sendiri telah berhasil mencatatkan peningkatan transaksi harian hingga 6 kali lipat sejak diluncurkan pada bulan Juni 2020 hingga Februari 2021. Potensi yang kuat dari produk penjual lokal terlihat dari jumlah produk penjual lokal yang mencapai 1,2 juta produk berhasil diekspor pada Februari 2021 ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Salah satu brand local yang menikmati pasar ekpor yakni Roughneck 1991. Melalui program ini, penjual lokal diberikan kemudahan untuk melebarkan eksistensi serta berpartisipasi dalam memajukan ekonomi negara dan program ekspor pemerintah

Rusli Ikhwan, Founder Roughneck 1991 mengatakan inisiatif ini membawa pengaruh baik tidak hanya terhadap brand yang berpartisipasi, tetapi juga semangat bagi penjual lokal lainnya untuk berani memulai dan terus meningkatkan potensi produk-produk lokal.

“Kami berharap Shopee dapat terus berinovasi dan bersama kita menggerakan roda perekonomian Indonesia,” kata Rusli

Brand fesyen ini mulai bergabung dengan program ekspor Shopee sejak 2021.  Terhitung baru bergabung pada pogram ekspor Shopee, namun Rusli tidak menyangka mendapatkan ratusan paket pesanan dari luar negeri.

Dari pesanan tersebut, Rusli melihat bahwa adanya peluang besar untuk ekspor produk ke luar negeri. Ia merasa bahwa seringkali pelaku usaha lokal merasa kesusahan dengan prosedur yang panjang serta kesulitan dalam hal perizinan, administrasi dan kurangnya edukasi mengenai cara ekspor.

“Semenjak hadirnya pogram ekspor Shopee, hal ini menjadi suatu solusi dan wadah yang mudah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan pasar hingga mancanegara,” katanya.

Saat ini produk-produk sudah dapat dibeli di negara-negara seperti Malaysia, Singapura Filipina, Thailand, Vietnam, dan yang terbaru Brasil. Mayoritas tujuan ekspor untuk produk Roughneck 1991 saat ini adalah Malaysia, dimana produk favorit yang dipesan antara lain hoodie dalam berbagai warna serta jaket.

“Kaami berharap dapat mengembangkan brand Roughneck 1991 hingga pasar internasional dan memenangkan hati para pengguna di negara lain melalui program ekspor Shopee,” pungkas nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×