kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Beri Layanan Cepat dan Berkualitas, Kemendagri Luncurkan SIAK Terpusat


Jumat, 11 Februari 2022 / 14:12 WIB
Beri Layanan Cepat dan Berkualitas, Kemendagri Luncurkan SIAK Terpusat
ILUSTRASI. Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil 2022 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada Rabu (9/2/2022).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat yang diluncurkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil 2022 merupakan inovasi terbaru Kemendagri agar layanan lebih cepat dan berkualitas.

Pasalnya, dengan hadirnya inovasi berupa SIAK Terpusat akan makin memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi kependudukan atau Adminduk. Karena sebagai syarat utama dalam identitas digital, SIAK Terpusat membuat pelayanan adminduk di berbagai daerah, termasuk dalam dan luar negeri dapat diintegrasikan. 

Dengan demikian, masyarakat dapat mengurus dokumen Adminduk di mana pun dan kapan pun.

“Jadi dengan SIAK Terpusat, penduduk di mana pun bisa mengurus layanan dari manapun,” tegas Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam Rakornas bertajuk 'SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital dalam Genggaman' di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga: Cara Gampang Cetak Kartu Keluarga Sendiri di Rumah, Tak Perlu ke Dukcapil

Zudan menyampaikan, Rakornas ini juga digelar untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi antara jajaran Dukcapil pusat dengan daerah. Apalagi sesuai arahan Mendagri Muhammad Tito Karnavian, jajaran Dukcapil di seluruh Indonesia mesti memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih berkualitas. 

“Pendek kata adalah pelayanan yang membuat masyarakat senang dan berbahagia. (Jadi) acara Rakornas ini adalah bentuk implementasi Bapak Mendagri ,” ungkap Zudan.

Ia menegaskan bahwa semangat kerja di lingkungan Dukcapil harus mencerminkan budaya kerja Dukcapil yang ia sebut 'DUKCAPIL BISA' yaitu Berkarya, Inovatif dan Inisiatif, Sabar dan Semangat serta Adaptif dan Amanah.

Selain itu, ia menekankan harus berpikir serba sistem yaitu peduli, gotong royong dan tanggung jawab. Lalu, harus mewujudkan birokrasi Dukcapil yang gesit dan responsif.

Zudan menegaskan , Dukcapil  saat ini memiliki branding baru, yakni lebih cepat, akurat dan berorientasi digital. Kemudian, tambah Zudan, pada puncaknya akan menghasilkan pelayanan Dukcapil menjadi pelayanan yang membahagiakan rakyat.

Baca Juga: Tak Perlu ke Dukcapil, Ini Cara Cetak Kartu Keluarga Sendiri di Rumah

Terkait SIAK Terpusat, ia mencontohkan seorang penduduk yang ber-KTP Bekasi yang mendapatkan penugasan di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Apabila penduduk tersebut melahirkan di luar alamat domisili sesuai KTP, maka untuk mengurus akte kelahiran anaknya ia tak perlu kembali ke Bekasi. Sebab, kata Zudan, pengurusannya dapat dilakukan secara online atau daring melalui sistem SIAK Terpusat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×