kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Tantangan dan Peluang Ekonomi RI di 2024 Versi Grant Thornton


Kamis, 30 November 2023 / 19:09 WIB
Begini Tantangan dan Peluang Ekonomi RI di 2024 Versi Grant Thornton
ILUSTRASI. Tagor Sidik Sigiro, Assurance Partner Grant Thornton Indonesia


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang tahun 2024, iklim politik dan kondisi moneter global akan menjadi dua tema utama yang akan mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia di tahun depan.

Periode Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang akan memiliki dampak pada pertumbuhan dan berbagai indikator makroekonomi lainnya terutama di awal tahun.

Di sisi lain, dunia masih terus dibayangi berbagai risiko dan ketidakpastian. Mulai dari risiko pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melemah, konflik geopolitik Ukraina - Rusia dan konflik Palestina - Israel, perubahan iklim, hingga naiknya harga komoditas secara global.

Melihat hal itu, Grant Thornton kembali menggelar event tahunan mereka yaitu Economic Outlook 2024 bertemakan “Potensi Tahun Politik dan Tantangan Ekonomi Global” yang dikemas dalam format talkshow ringan.

Acara ini sendiri diadakan pada tanggal 29 November 2023, yang berlokasi di Home by Moonshine, Sampoerna Strategic Square.

Baca Juga: Pertumbuhan Kredit Diproyeksi Tumbuh Lebih Tinggi Tahun 2024

Melalui Economic Outlook ini, Grant Thornton berusaha memberikan gambaran atas kondisi ekonomi yang akan dihadapi, baik di Indonesia maupun global pada tahun 2024, lalu melihat bagaimana strategi yang telah dan akan diambil pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan perekonomian Indonesia memasuki tahun politik, serta insight - insight apa yang perlu diketahui pelaku usaha untuk menyambut 2024.

Acara ini dibuka oleh CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, yang menyampaikan apresiasi dan latar belakang atas terselenggaranya kegiatan ini “Acara ini merupakan event rutin tahunan kami guna membahas lebih dalam mengenai kondisi perekonomian Indonesia, beserta dengan faktor pendukungnya.”

“Prediksi ekonomi Indonesia selalu menjadi sorotan di penghujung tahun, dan tahun 2024 ini tidak terkecuali. Tahun 2024 tidak hanya membawa tantangan, tetapi juga peluang besar untuk memberikan dampak positif pada perekonomian Indonesia. Dengan terselenggaranya acara, kami harap dapat menjadi sumber informasi mengenai faktor - faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, peluang investasi, dan langkah - langkah strategis yang nantinya dapat digunakan baik oleh pemerintah maupun pelaku bisnis, “ kata Johanna dalam keterangan resminya, Kamis (30/11).

Economic Outlook tahun ini menghadirkan pembicara utama, Direktur dan Ekonom Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira Adinegara yang mengatakan, investasi selalu mengalami perlambatan setiap tahun politik, sementara tahun 2024 investasi diperkirakan akan tumbuh positif namun melandai di angka 3%.

Baca Juga: Untuk Capai Pertumbuhan Ekonomi 6%, RI Perlu Genjot Pertumbuhan Investasi




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×