kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM 0.09%
  • RD.CAMPURAN 0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Bali jadi provinsi yang sudah salurkan BLT-DD 100%


Jumat, 22 Mei 2020 / 22:30 WIB
Bali jadi provinsi yang sudah salurkan BLT-DD 100%

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengungkapkan, bahwa Bali menjadi Provinsi yang sudah secara penuh melalukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Menteri Desa Abdul Halim Iskandar Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menerangka secara berurutan provinsi yang tertinggi dalam penyaluran BLT-DD ialah Bali yang sudah capai 100%. Kemudian disusul dengan Gorontalo dengan 657 desa atau hampir sentuh angka 100% juga. Posisi ketiga ialah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 392 desa, Kepulauan Riau 275 desa, Sulawesi Tengah 1.842 desa.

Baca Juga: Menteri Desa PDTT: 3,8 juta warga sudah terima BLT Dana Desa

"Provinsi yang sudah salur 100% dan sudah Musdesus 100% baru Bali, disusul Gorontalo 657 desa itu hampir 100% Musdesus penyaluran sangat bagus," kata Abdul Halim dalam teleconference update penyaluran BLT-DD oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Jumat (22/5).

Adapun Provinsi yang memiliki persentase penyaluran BLT-DD terendah secara berurutan ialah, Banten, Kalimantan Tengah, Papua, Kalimantan Barat, dan Maluku. Abdul Halim juga berpesan kepada kepala daerah untuk mempercepat dan mempermudah penyaluran BLT-DD, terlebih saat ini sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Pemerintah tambah alokasi BLT dana desa jadi Rp 2,7 juta per keluarga

"Bupati dan Walikota saya harap bisa lepas sepenuhnya kepada desa agar desa lakukan percepatan penyaluran, jangan dihambat, saya dengar ada desa sudah mau cair semua tapi ada kepala daerah yang menghentikan karena beberapa alasan itu jangan, kasihan apalagi mau lebaran," imbuhnya.

Diketahui saat ini keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sudah ada 3,8 juta keluarga miskin. Realisasi total dana yang sudah tersalurkan sendiri ialah Rp 2,281 triliun.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×