kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,79   7,33   0.80%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asosiasi corsec dorong emiten tingkatkan GCG


Selasa, 24 Oktober 2017 / 14:23 WIB
Asosiasi corsec dorong emiten tingkatkan GCG


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesian Corporate Secretary Association (ICSA) bakal menggelar acara 1st International Conference on Good Governance. Acara tersebut itu untuk mendorong emiten dan perusahaan meningkatkan tata kelola yang baik atau good corporate governance (GCG).

Menurut Hardijanto Saroso, Ketua Umum ICSA, peningkatan tata kelola dalam perusahaan besar kontribusinya untuk mendukung keberlangsungan perusahaan ke depan.

"Perusahaan perlu memberdayakan secara optimal fungsi corporate secretary (corsec) bukan hanya implementasi GCG tapi juga untuk keberlangsungan secara jangka panjang," ujar Hardijanto dalam paparannya, Selasa (24/10).

Menurut Hardijanto, peran corsec sangat strategis dan sentral dalam mengembangkan dan melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik.
Saat ini, persyaratan corsec masuk dalam POJK No 35/POJK.04/2014 tentang sekretaris peeusahaan emiten atau perusahaan publik.

Ke depan ICSA berharap pemerintah dapat mempertimbangkan memasukkan persyaratan corsec dalam undang-undang Perusahaan Terbatas (PT). ICSA juga mendorong pemerintah bisa memberdayakan corsec sebagai corporate governance officer di perusahaan yang memiliki aset lebih dari Rp 50 miliar.

ICSA juga mendorong agar profesi corsec juga perlu dilindungi agar kinerjanya bisa maksimal dalam menjalankan dan menegakkan tata kelola perusahaan.

Kemudian agar meningkatkan standar kualitas corsec, ICSA ingin agar emiten yang tergabung dalam anggotanya melakukan sertifikasi. Saat ini anggota ICSA tercatat sebanyak 200 sekretaris perusahaan dari beberapa emiten. Saat ini ICSA baru masuk ke tahapan sosialisasi dan pelatihan dasar corsec.

Pelatihan satu bulan sekali digelar lewat kerja sama denan BEI dan OJK untuk membahas mengenai aturan yang dikeluarkan oleh regulator.
Selain itu dalam satu tahun dua kali, ICSA mengadakan pelatihan berbayar mengenai fungsi corsec sebagai corporate governance officer.

Dari situ corsec diharapkan bisa memahami fungsi dan tanggung jawab jabatannya secara menyeluruh. Selain hardskill berupa pengalaman di bidang keuangan, hukum dan aturan corsec juga diharapkan memiliki soft skill yaitu penguasaan komunikasi yang efektif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×