kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Arus balik libur panjang dimulai besok


Jumat, 30 Oktober 2020 / 16:48 WIB
Arus balik libur panjang dimulai besok
ILUSTRASI. Sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta dalam dua hari pada Selasa(27/10) dan Rabu (28/10).


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta dalam dua hari pada Selasa(27/10) dan Rabu (28/10) pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Jumlah tersebut diambil dari perhitungan kumulatif beberapa gerbang tol utama yang menjadi akses keluar ibu kota. 

Tingginya volume lalu lintas saat arus liburan panjang tersebut sekaligus menjadi barometer bila saat arus balik nanti, volume kendaraan juga akan membeludak. Kabagops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan memprediksi bahwa lalu lintas arus balik libur panjang diprediksi akan mulai terjadi pada Sabtu (31/10) sampai Minggu (1/11).

"Persiapan mengantisipasi pada arus balik. Antisipasi arus balik diprediksi akan terjadi hari Sabtu–Minggu," kata Rudi yang dikutip dari NTMC Polri, Kamis (29/10). Rudi menambahkan, Korlantas Polri juga akan memantau kondisi arus lalu lintas, terutama pada jalur rawan macet melalui CCTV yang berada di pos pengamanan, termasuk memastikan kondisi kesehatan personel yang bertugas di lapangan.

Berdasarkan pantauan H+3 libur panjang, arus kendaraan yang melintasi GT Palimanan terpantau ramai lancar. Hingga saat ini, diklaim tidak ada kepadatan arus kendaraan yang signifikan. "Untuk situasi arus lalu lintas dua arah sudah mulai menurun karena telah memasuki hari ketiga," kata Rudi.

Baca Juga: Libur, pergerakan penumpang Bandara Soetta capai rekor tertinggi selama pandemi

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi juga sudah memprediksi lalu lintas arus balik akan terjadi mulai 31 Oktober 2020. Bahkan, dikhawatirkan bakal ada penumpukan karena terkait waktu yang lebih pendek.

"Kalau untuk balik ini akan banyak di Sabtu-Minggu, kami juga antisipasi kepadatan karena dikhawatirkan banyak yang balik di hari Minggu untuk mengejar aktivitas kembali di hari Senin," ujar Budi beberapa hari lalu.

"Baiknya dicari waktu yang tepat, hindari tanggal-tanggal prediksi kepadatan agar lebih nyaman dalam perjalanan, protokol kesehatan tetap dijaga," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Arus Balik Libur Panjang Bakal Terjadi Mulai Besok.
Penulis: Stanly Ravel
Editor: Azwar Ferdian

Baca Juga: Menhub ramal puncak arus balik cuti bersama tanggal 1 November 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×