kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub ramal puncak arus balik cuti bersama tanggal 1 November 2020


Jumat, 30 Oktober 2020 / 14:08 WIB
Menhub ramal puncak arus balik cuti bersama tanggal 1 November 2020


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan saat cuti bersama. Hal itu dia ungkapkan saat mengunjungi Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan, pada Kamis (29/10/2020).  

Kunjungan Menhub ini untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dalam masa libur panjang ini terlaksana dengan baik. Budi mengatakan, sesuai pesan Presiden Joko Widodo agar libur panjang ini bisa berlangsung dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur panjang. “Saya apresiasi KAI dan pengelola Terminal Kampung Rambutan yang telah dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10/2020). 

Budi menambahkan, stasiun dan terminal telah menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengaturan jarak tempat duduk dan informasi terkait kewajiban memakai masker. Diharapkan, dengan tersedianya fasilitas tersebut, dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik. 

Baca Juga: Gojek dukung semangat kolaborasi pemerintah membangun integrasi transportasi

“Kami berkoordinasi dengan Dishub dan Polisi, untuk melakukan random check terhadap penerapan protokol pada transportasi massal maupun kendaraan pribadi. Kalau mobil pribadi di cek apakah mereka menggunakan masker atau tidak," ungkapnya. 

Pada kesempatan tersebut, Budi juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 1 November mendatang. 

Baca Juga: Ingin ke luar kota? Ini prediksi puncak arus mudik cuti bersama

“Untuk itu seyogyanya jangan pulang bersama-sama di tanggal 1 November, karena akan penuh sekali. Saya harapkan ada yang bisa pulang lebih awal,” kata dia. 

Dalam tinjauannya, mantan Direktur Utama PT Angakasa Pura II juga membagikan masker kepada para penumpang, serta pegawai stasiun dan terminal sebagai tanda bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prediksi 1 November Puncak Arus Balik, Menhub Wanti-wanti Pemudik"
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Yoga Sukmana

Selanjutnya: Budi Karya berharap NLE mampu tingkatkan daya saing logistik nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×