kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Aqua didenda Rp 13,84 miliar oleh KPPU


Selasa, 19 Desember 2017 / 12:28 WIB
Aqua didenda Rp 13,84 miliar oleh KPPU


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengenakan denda kepada PT Tirta Investama (TIV), produsen air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek Aqua sebesar Rp 13,84 miliar.

Hal itu sejalan dengan putusan KPPU yang menyatakan, Aqua bersama-sama dengan distributornya PT Balina Agung Perkasa melakukan persaingan usaha tidak sehat. Pun dalam hal ini, BAP juga dikenakan denda sebesar Rp 6,29 miliar.

Ketua majelis komisi Kurnia Sya'ranie mengatakan, pengenaan denda tersebut berdasarkan ketentuan Pasal 47 UU No. 5/1999. Dalam peraturannya, KPPU dapat mengenakan denda serendah-rendahnya Rp 1 miliar dan setinggi-tingginya Rp 25 miliar.

Namun sayangnya, dalam putusannya, majelis komisi tidak menjelaskan secara detail perhitungan dari denda tersebut. Tapi yang pasti, denda tersebut akan dimasukkan dalam kas pemasukkan negara.

Sekadar tahu saja, Aqua dan BAP secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 15 ayat (3) huruf b dan Pasal 19 huruf a dan b Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Menurut majelis, keduanya terbukti melakukan kerjasama untuk menghalangi kegiatan usaha pelaku usaha lain di bidang AMDK.

Sekadar tahu saja, persaingan usaha yang tidak sehat ini berawal dari layangan somasi dari PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), produsen AMDK Le Minerale, kepada Aqua pada Oktober 2016 lalu. Saat itu Le Minerale menyampaikan temuan di lapangan, Aqua dan distributornya bekerjasama untuk melarang sejumlah toko untuk menjual Le Minerale.

Diduga, Aqua dan distributornya mangancam hendak menurunkan status dan fasilita alias degregasi, dari emula dari star outlet (SO) menjadi wholeseller (WO) eceran terhadap pedagang yang menjual Le Mineralle. Selanjutnya, KPPU bergerak cepat dengan mengumpulkan alat bukti pelanggaran yang dilakukan oleh produsen Aqua tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×