kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Akibat wabah corona, Menko Luhut sebut investasi dari China tertunda


Kamis, 20 Februari 2020 / 20:40 WIB
Akibat wabah corona, Menko Luhut sebut investasi dari China tertunda
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengakui adanya virus corona turut berdampak terhadap investasi di Indonesia.

Luhut mencontohkan, saat ini terdapat investasi di Sulawesi senilai US$ 5 miliar yang masih dalam proses tetapi tertunda lantaran pegawai dari China yang terhambat datang ke Indonesia.

Baca Juga: China serukan solidaritas ke ASEAN dalam memerangi virus corona

"Invetasi ktetap berjalan, tetapi tertunda karena banyak orang yang belum datang terutama dari Tiongkok," tutur Luhut, Kamis (20/2).

Luhut mengatakan, pihaknya pun masih mempertimbangkan, apakah akan mengizinkan pegawai selevel manajerial dari China bisa datang ke Indonesia, setelah dikarantina terlebih dahulu.

Apalagi menurutnya tidak ada larangan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang melarang penduduk China, selain dari Provinsi Wuhan, untuk datang ke Indonesia.

Tak hanya investasi, sektor yang terkena akibat virus corona ini adalah sektor pariwisata. Dia mengatakan, tahun lalu terdapat sekitar 2 juta turis dari China ke Indonesia. Meski tak sebesar jumlah turis China ke negara lain seperti Jepang, tetapi jumlah turis ini turut berdampak pada invesatsi, perdagangan, hingga lapangan pekerjaan.

Luhut juga menjelaskan, saat ini, pengaruh China terhadap perekonomian dunia sangat besar. Menurutnya, China berpengaruh 18% terhadap ekonomi global, lebih tinggi 4 kali hingga 5 kali lipat dibandingkan tahun 2003, saat virus SARS menyebar.

Baca Juga: Virus corona mengamuk, Daegu di Korea Selatan bak kota mati

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×