kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ajudan kaget Akil beli dua mobil mewah


Rabu, 09 Oktober 2013 / 09:40 WIB
Ajudan kaget Akil beli dua mobil mewah
ILUSTRASI. Pergerakan saham Bursa Efek Indonesia.


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Ketua Majelis Dewan Kehormatan, Harjono tiba-tiba mengingatkan para wartawan televisi yang berada di ruang sidang, bahwa pada saat pemeriksaan dua ajudan Muhammad Akil Mochtar yang bernama Ipda Kusno dan AKP Sugianto, tidak boleh satu pun stasiun televisi menyiarkan pemeriksaan terbuka itu secara langsung. Seluruh wartawan televisi pun langsung mengiyakan pengumuman itu.

Ajudan Akil yang pertama kali diperiksa adalah AKP Kasno, yang datang dengan mengenakan batik lengan panjang berwarna hitang-ungu.  Setelah mengucapkan sumpahnya untuk berbicara jujur, ia langsung ditanya oleh Harjono seputar sepak terjangnya selama menjadi Ajudan Akil.

Kasno mengaku sudah menjadi ajudan ketua MK sejak institusi itu dipimpin oleh Mahfud MD. Setelah tampuk kepemimpinan pindah ke Akil sejak 6 bulan lalu ia pun kembali didaulat menjadi ajudan Ketua MK yang baru tersebut.

Kasno menceritakan bahwa dirinya sebagai ajudan bertugas setiap dua hari. Selama dua hari itu sejak Akil berangkat dari rumah dinas sampai tiba ke rumah dinas ia harus menemani. Pada akhir pekan jika ada acara resmi tak jarang Kusno diminta menemani Akil.

Anggota Polri itu juga mengaku bahwa pada Rabu pekan lalu (02/10) saat Akil dicokok petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dirinya tengah berada di rumah dinas Akil, dan menyaksikan drama penangkapan itu.

Ditengah-tengah pemeriksaan Kasno, tiba-tiba Harjono bercerita bahwa ia masih ingat betul Ketua Mahkamah Konstitusi non-aktif Akil Mochtar memiliki dua mobil, yakni Toyota Infiniti dan Toyota Lanc Crusier. Harjono pun menanyakan keberadaan dua mobil itu kepada Kasno. "Tidak ada, yang ada Mercy," jawab Kasno.

"Kita belum pernah lihat Mercy itu di kantor, lama apa baru ?" tanya balik Harjono dengan nada penasaran. Kasno menjelaskan bahwa mobil Mercy tersebut termasuk mobil baru karena keluaran tahun 2013, dan baru dua bulan diboyong Akil. Sayangnya ia tidak mengetahui lebih lanjut tentang seluk-beluk mobil itu, karena selama ini mobil itu selalu terbungkus rapih di rumah dinas.

Setelah Kasno, saksi yang diperiksa terakhir adalah AKP Sugianto, yang di awal pemeriksaan dengan percaya diri mengaku dekat dan akrab dengan Akil Mochtar. Sugianto yang sudah mengawal Akil sebelum Akil terpilih menjadi ketua MK itu bahkan mengaku sempat disopiri Akil, dan supir asli Akil yang bernama Daryono diminta duduk di kursi belakang.

Sugianto juga menceritakan bahwa selama tiga bulan terakhir setidaknya dua kali Akil Mochtar memboyong sedan mewah, yang pertama sedan Mercedes dan yang terakhir Toyota Crown.

"Dua mobil yang dibeli Crown dan Mercy saya tidak tahu, tiba-tiba ada mobil, saya sempat ngeri," ujarnya. "Tidak pernah cerita tentang mobil ?" tanya Harjono. "Kami tidak pernah tanya, tidak pernah diceritakan," jawab Sugianto

Ditemui TRIBUNnews usai persidangan, anggota Dirlantas Polda Metro Jaya itu mengaku sama sekali tidak pernah melihat dua mobil mewah itu digunakan. Bahkan mobil itu tidak pernah dinyalakan untuk memanaskan mesinnya sekalipun. Hal serupa juga dijelaskan Ipda Kasno yang ditemui usai persidangan. (Tribunnews.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×