kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Airlangga Hartarto Sebut Pemerintah Akan Implementasikan B35 pada Februari 2023


Selasa, 24 Januari 2023 / 20:07 WIB
Airlangga Hartarto Sebut Pemerintah Akan Implementasikan B35 pada Februari 2023
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (18/2/2023). Airlangga Hartarto Sebut Pemerintah Akan Implementasikan B35 pada Februari 2023.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah terus mendorong berbagai kebijakan di sektor energi, salah satunya biodiesel B35 yang akan diimplementasikan di bulan Februari 2023.

Biodisel B35 merupakan campuran biodiesel antara bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit dengan BBM diesel. Sesuai namanya, kadar minyak sawit dalam bahan bakar adalah 35%, sementara 65% sisanya merupakan BBM solar. Program biodiesel bertujuan meningkatkan penyediaan energi bersih secara berkelanjutan.

Adapun Airlangga juga mencatat, hingga pertengahan tahun 2022, kapasitas pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan (EBT) telah mencapai 2.576 megawatt, atau meningkat sekitar 5% per tahunnya dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga: Permintaan Produk Hilir Sawit Meningkat, Produsen CPO Gencar Ekspansi

“Upaya tersebut masih perlu diakselerasi bersamaan dengan upaya lain dalam transisi energi, seperti transisi PLTU menjadi PLT non-fosil,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/1).

Dia mengatakan, banyaknya danau dan laut di Indonesia juga menjadi keuntungan Indonesia dalam transisi energi berbasis hydro karena cost pembebasan lahan di danau dan laut jauh lebih murah daripada membebaskan lahan di daratan.

“Transisi kita yang paling immediate itu adalah penguatan teknologi,” tambahnya.

Selain itu, Airlangga juga menyampaikan bahwa kemandirian Indonesia di sektor energi bergantung pada ketergantungan energi di sektor otomotif yakni Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca Juga: Hilirisasi Biofuel Kian Dilirik Pelaku Usaha

Menurutnya selama BBM bisa dikonversikan sebagian melalui biodiesel, dan yang lain kombinasi dengan electric vehicle, maka tujuan untuk kemandirian energi bisa dicapai.




TERBARU

[X]
×