kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada usulan micin dibuat dari bahan dasar ikan, siapa setuju?


Jumat, 20 November 2020 / 04:12 WIB
Ada usulan micin dibuat dari bahan dasar ikan, siapa setuju?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi ikan bagi anak-anak di seluruh Indonesia merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan kecukupan gizi anak. 

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, kondisi gagal tumbuh atau stunting masih menjadi isu nyata yang dihadapi anak di Indonesia. Isu ini dinilai tidak seharusnya ditangani sendiri oleh Kementerian Kesehatan, tetapi juga kementerian lainnya. 

"Stunting kalau dilihat dari satu sisi saja memang seolah-olah menjadi tanggung jawab Kementerian Kesehatan. Padahal, stunting tidak bisa dikaitkan hanya satu kementerian, semua kementerian termasuk KKP," katanya dalam acara Jakarta Food Security Summit-5 secara virtual, Kamis (19/11/2020). 

Untuk itu, konsumsi ikan sejak dini disebut Edhy perlu menjadi sebuah tradisi yang mulai dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga mampu mencegah terjadinya gizi kronis. 

Baca Juga: Micin bisa menyuburkan tanaman, begini cara penggunaannya

Edhy pun menyarankan agar ikan tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk utuh saja, tapi juga dikembangkan ke produk -produk lainnya. Ia pun mengusulkan monosodium glutamate ( MSG) atau penyedap rasa yang biasa kita kenal dengan sebutan micin, diganti dengan bahan yang berasal dari ikan. 

"Tidak hanya ikan yang raw material, kenapa enggak bisa kita mulai dengan mengganti produk-produk yang menggunakan MSG, chiki dan sebagainya dengan produk-produk berbahan dasar ikan," ujarnya. 

Dengan besarnya potensi industri kelautan dan perikanan nasional, komoditas ikan pun disebut mampu menjadi pelangkap kebutuhan hidup lainnya. 
"Sektor ini juga bisa digunakan untuk keperluan-keperluan non konsumtif," ucapnya. 

Baca Juga: Penggunaan micin dan isu kesehatan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×