kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45879,55   -6,63   -0.75%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Pemilu dan Persiapan Ramadan, Penjualan Eceran Februari 2024 Meningkat


Rabu, 17 April 2024 / 12:57 WIB
Ada Pemilu dan Persiapan Ramadan, Penjualan Eceran Februari 2024 Meningkat
ILUSTRASI. Kinerja penjualan eceran pada Februari 2024 meningkat.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja penjualan eceran pada Februari 2024 meningkat. Peningkatan ini didorong momentum pemilihan umum (pemilu) serentak juga persiapan menjelang Ramadan.

Berdasarkan Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI), meningkatnya penjualan eceran ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2024 meningkat mencapai 214,1 atau tumbuh 6,4% year on year (YoY).

Asisten Gubernur Bank Indonesia Bidang Komunikasi Erwin Haryono menyampaikan, Kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang meningkat 9,1%.

Akan tetapi, Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi dan Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi yang mengalami perbaikan meski masih dalam zona kontraksi, yakni masing masih turun sebesar 21,9% dan 7,1%.

Baca Juga: Kinerja Penjualan Eceran Diperkirakan Meningkat pada Maret 2024, Berikut Penopangnya

Secara bulanan, penjualan eceran tumbuh sebesar 1,7% month on month (MtM), setelah bulan sebelumnya terkontraksi 3,5% MtM.

“Pertumbuhan ini ditopang oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 3,2%, dan menjadi satu-satunya yang tumbuh positif,” tutur Erwin dalam siaran pers, Rabu (17/4).

Sementara itu, kelompok lain melanjutkan perbaikan dari bulan sebelumnya meski masih berada pada fase kontraksi.

Diantaranya, kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi mengalami kontraksi 4,7%, serta Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi mengalami kontraksi 5,4%.

Peningkatan dan perbaikan pada beberapa kelompok tersebut sejalan dengan peningkatan kegiatan masyarakat pada periode HBKN Imlek, Pemilu 2024, dan persiapan kebutuhan menjelang bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×