kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TNI AL kerahkan 10 KRI cari pesawat Sriwijaya Air, 4 kapal sudah ke lokasi pencarian


Sabtu, 09 Januari 2021 / 22:51 WIB
TNI AL kerahkan 10 KRI cari pesawat Sriwijaya Air, 4 kapal sudah ke lokasi pencarian
ILUSTRASI. Prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 (Taifib) Korps Marinir menaikkan perahu karet ke atas KRI Gilimanuk-531 di Dermaga Pelabuhan JICT 2, Jakarta, Sabtu (9/1/2021).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panglima Koarmada I TNI AL, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan, ada sepuluh Kapal Republik Indonesia (KRI) untuk pencarian pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak. Empat dari 10 KRI sudah menuju ke lokasi diduga pesawat Sriwijaya Air jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

“Untuk sementara KRI yang kami siapkan di darat saja ini ada 10,” ujar Rasyid, kepada wartawan di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Sabtu (9/1) malam. Menurut Rasyid, satu KRI yaitu Kurau 856 sudah di sekitar lokasi.

Dia mengatakan, anggota TNI AL sudah melakukan pencarian. “Tentunya sudah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder di wilayah perairan dan lokasi kejadian,” ujar Rasyid.

Ia mengatakan, seluruh anggota TNI AL akan melakukan pencarian secara maksimal. Komando pencarian, lanjut Rasyid, akan dilakukan di bawah Basarnas.

Baca Juga: Lokasi jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 sudah diketahui, pencarian akan dimulai Minggu

Sebelumnya, Badan SAR Nasional (Basarnas) menduga lokasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Menurut Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bambang Suryo Aji, pihaknya menerima pesawat Sriwijaya Air hilang kontak, sekitar pukul 14.55 WIB, Sabtu (9/1).

"Posisi pesawat setelah lost contact itu berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang kurang lebih jaraknya sekitar 1,5 sampai dengan 2 mil," kata Suryo, saat memberikan keterangan pers, Sabtu (9/1). Bambang menuturkan, lokasi tersebut berjarak sekirat 3 mil dari pesisir Tanjung Kait, Tangerang.

Ia mengatakan, Basarnas telah mengerahkan kapal dan sea-rider menuju lokasi pesawat tersebut diduga jatuh setelah mendapat informasi hilang kontak pada pukul 14.55 WIB siang tadi. "Kapal maupun sea-rider sudah kami berangkatkan setelah mendapat informasi tersebut kami berangkatkan menuju ke titik lokasi yang diduga pesawat itu jatuh," ujar Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul TNI AL Kerahkan 10 KRI Cari Pesawat Sriwijaya Air, 4 Kapal Sudah ke Lokasi Pencarian.
Penulis: Wahyu Adityo Prodjo
Editor: Robertus Belarminus

Baca Juga: Kronologi pesawat Sriwijaya Air hilang kontak setelah 4 menit lepas landas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×