kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Profil singkat Menteri Keuangan Chatib Basri


Senin, 20 Mei 2013 / 14:21 WIB
Profil singkat Menteri Keuangan Chatib Basri
ILUSTRASI. Promo Traveloka 12.12 Deals, Dapatkan Harga Spesial Tiket Pesawat Domestik di Sini


Reporter: Dyah Megasari |

JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) resmi menunjuk Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru.

Berikut profil singkat Menkeu pengganti Agus Martowardojo tersebut.

Bernama lengkap Muhammad Chatib Basri, ia lahir di Jakarta, 22 Agustus 1965. Ia merupakan ekonom, peneliti, dan profesional  yang menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal sejak 14 Juni 2012 (BKPM).

Chatib yang juga akrab dengan sapaan Dede ini menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1992.

Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Australia National University dan mendapatkan gelar Master of Economic Development pada tahun 1996. Lima tahun kemudian ia memperoleh gelar PhD Dalam bidang Ekonomi dari universitas yang sama.

Ia juga merupakan Vice Chairman of the National Economic Committee. Selain menjadi orang nomor satu di BKPM, Chatib adalah Dosen Senior di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI).

Pada periode 1997-2001, Chatib menjabat sebagai asisten peneliti yang bekerja untuk Prof. Hal Hill di departemen ilmu ekonomi Australia National University. Selepas itu, ia menjabat sebagai peneliti tamu untuk The Institute of South East Asian Studies di Singapura dan menjadi Associate Director for Research bagi LPEM.

Pada 2005, ia adalah anggota Advisory Team to the Indonesian National Team on International Trade Negotiation. Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai konsultan di berbagai lembaga internasional seperti World Bank, USAID, AUSAID, OECD, dan UNCTAD, Asian Development Bank serta menjadi anggota Asia and Pacific Regional Advisory Group dari International Monetary Fund.

Tak berhenti di situ, pada 2010-2011 Chatib terdaftar sebagai anggota High Level Trade Expert Group yang dipimpin oleh Jagdish Bhagwati  dan Peter Sutherland

Chatib juga akrab dengan korporaso. Hal ini dibuktikan dari statusnya sebagai anggota Dewan Komisaris di beberapa perusahaan publik. Antara lain PT Astra International, PT Indika Energy, serta Axiata Group Bhd (Malaysia).

Pada tanggal 13 Juni 2012, ia ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, menggantikan Gita Wirjawan yang telah merangkap jabatan tersebut sejak tanggal 19 Oktober 2011 dan dilantik pada tanggal 14 Juni 2012. Besok, jika tak ada aral melintang, ia akan dilantik sebagai Menteri Keuangan yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×