kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah berjibaku cari dana Asian Games 2018


Rabu, 07 Juni 2017 / 20:58 WIB
Pemerintah berjibaku cari dana Asian Games 2018


Reporter: Agus Triyono | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Walaupun pesta Olahraga bangsa- bangsa Se-Asia, Asian Games 2018 yang rencananya dilaksanakan di Jakarta tinggal setahun lagi, persiapan sampai saat ini masih mengkhawatirkan. Salah satu persiapan tersebut menyangkut anggaran.

Dari total anggaran sebesar Rp 4,5 triliun yang dibutuhkan, sampai saat ini yang sudah digelontorkan pemerintah dalam APBN 2017 baru Rp 500 miliar. Atas dasar itulah, pemerintah akan kembali menambah anggaran pelaksanaan Asian Games 2018. Tambahan anggaran tersebut akan dimasukkan ke dalam APBN-P 2017.

Mardiasmo, Wakil Menteri Keuangan mengatakan, dalam Rapat Terbatas tentang Persiapan Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Kantor Presiden, Rabu (7/6), pemerintah memutuskan total tambahan anggaran yang akan dimasukkan dalam APBN-P 2017 senilai Rp 1,5 triliun.

Selain tambahan tersebut, agar persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 pada tahun ini berjalan cepat, pemerintah juga akan menambah anggaran pelaksanaan Asian Games dari dana Rp 465 miliar yang rencananya digunakan untuk membangun Olympic Center Cibubur.

Mardiasmo mengatakan, dana tersebut saat ini sudah dibekukan oleh Kementerian Keuangan untuk persiapan pelaksanaan Asian Games. "Usulan tambahan anggaran tahun ini kan Rp 1,8 triliun, sebesar Rp 1,5 triliun dialokasikan APBN-P, sisanya diambil dari situ tadi," katanya di Komplek Istana Negara, Rabu (7/6).

Sementara, Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga mengatakan, walaupun ditambah, jumlah anggaran untuk pelaksanaan Asian Games 2018 masih kurang.

Sebelumnya, Gatot S Dewa Broto, Sekretaris Menteri Pemuda Olahraga mengatakan, total kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan even olahraga tersebut Rp 4,5 triliun.

Atas dasar itulah, Imam mengatakan, pada APBN 2018 nanti, pihaknya akan kembali meminta pemerintah untuk menambah anggaran sebesar Rp 1,7 triliun. Selain upaya permintaan tambahan anggaran APBN tersebut, pihaknya juga akan mencari tambahan anggaran dari sponsor.

Presiden Joko Widodo meminta para menterinya yang terlibat dalam pelaksanaan Asian Games 2018 untuk merencanakan anggaran even tersebut dengan baik dan teliti. Dia juga melarang mereka untuk menggelembungkan nilai anggaran yang diperlukan untuk penyelenggaran pesta olahraga empat tahunan tersebut. "Kalkulasi secara betul, rinci. Saya ingatkan, jangan melebih-lebihkan anggaran," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×