kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,33   -6,02   -0.65%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pejabat teras Kemenkeu dirombak besar-besaran


Jumat, 21 Januari 2011 / 09:48 WIB
Pejabat teras Kemenkeu dirombak besar-besaran


Reporter: Bambang Rakhmanto, Barratut Taqiyyah | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Kementerian Keuangan melakukan mutasi besar-besaran jajaran pejabat eselon satu. Mutasi dilakukan lantaran beberapa sebab. Ada yang dimutasi karena segera memasuki masa pensiun, ada pula yang mengundurkan diri, serta pindah tugas ke tempat lain. Pejabat baru eselon I Kementerian Keuangan akan dilantik hari ini.

Pejabat eselon I Kementerian Keuangan yang akan memasuki masa pensiun pada tahun ini adalah Direktur Jenderal Pajak Muhammad Tjiptarjo. Adapun posisi eselon I yang lowong adalah Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Jabatan ini sebelumnya diisi oleh Anggito Abimanyu yang kemudian mengundurkan diri. Posisi yang ditinggalkan Anggito saat ini dijabat sementara oleh Agus Supriyanto.

Jabatan eselon I lain yang lowong adalah Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan. Hekinus Manao, pejabat sebelumnya, kini berpindah tugas ke Bank Dunia. Posisi lain yang kosong adalah Direktur Jenderal Keuangan yang saat ini masih dirangkap oleh Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati.

Satu lagi pos eselon I yang belum ada pengganti adalah Direktur Jenderal Perimbangan Negara. Pejabat sebelumnya, Mardiasmo, kini memiliki jabatan baru sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Nah, sejumlah nama sudah beredar menggantikan mereka yang mengundurkan diri maupun yang berpindah tugas tersebut. Bekas Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Bambang Brodjonegoro bakal menjadi Kepala BKF.

Sedangkan Agus Supriyanto akan menggantikan posisi Herry Purnomo sebagai Dirjen Perbendaharaan Negara. Herry sendiri selanjutnya menjabat Dirjen Anggaran.

Sementara kursi Dirjen Perimbangan Negara akan dijabat Marwanto, dan posisi Inspektur Jenderal bakal ditempati oleh Sonny Loho. Sedangkan Kepala Badan Diklat Keuangan akan dijabat oleh Kamil Soeib.

Dirjen pajak belum jelas

Yang masih misterius adalah pejabat baru pengganti Dirjen Pajak M. Tjiptarjo. Sekretaris Jenderal kementerian Keuangan Mulia Nasution enggan menyebutkan calon pengganti Tjiptarjo. ”Kita lihat saja besok siapa yang menjabat Dirjen Pajak,” ujarnya, Kamis (20/1).

Setali tiga uang, Menteri Keuangan Agus Martowardojo juga masih merahasiakan Dirjen Pajak yang baru. "Besok memang ada pelantikan. Siapa yang dilantik belum bisa saya sebutkan," ujarnya.

Menurut kabar yang beredar, nama Fuad Rahmany, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) disebut-sebut mengganti posisi Tjiptarjo. Belum diketahui siapa nantinya yang akan menggantikan Fuad di Bapepam.

Ketika dikonfirmasikan mengenai hal ini, Fuad mengaku tidak tahu menahu. "Saya sampai detik ini belum tahu apakah itu benar," kata Fuad melalui pesan singkat yang dilayangkan ke KONTAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×