kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,88   4,37   0.48%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luhut Pastikan Perayaan Kemerdekaan RI Tahun Ini Siap Dilaksanakan di IKN


Kamis, 09 Mei 2024 / 11:14 WIB
Luhut Pastikan Perayaan Kemerdekaan RI Tahun Ini Siap Dilaksanakan di IKN
ILUSTRASI. Menko Luhut memastikan kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk perayaan upacara Kemerdekaan RI pada 17 Agustus.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan memastikan kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk perayaan upacara Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang. 

Luhut mengungkapkan infrastruktur jalan tol sebagai akses IKN sudah hampir selesai semua, hanya tinggal pekerjaan-pekerjaan finishing dan akhir saja. 

Karena itu, ia optimistis upacara 17 Agustus tahun ini benar-benar bisa dilaksanakan di IKN. 

"Kita berharap pada 17 Agustus nanti, upacara akan bisa dilakukan di sini (IKN), dan bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5). 

Baca Juga: Luhut Optimis Progres Pembangunan IKN Nusantara Capai 80% pada Agustus 2024

Selain jalan tol, menurut Menko Marves, bandara IKN pun dipastikan sudah bisa didarati pesawat dengan kapasitas tiga pesawat menjelang perayaan hari kemerdekaan yang akan datang. 

Ia juga optimistis, seluruh pengerjaan pembangunan tahap 1 di IKN seperti lapangan upacara, istana presiden hingga rusun ASN bisa mencapai 80% pada bulan Agustus 2024. 

"Jadi kami dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) beserta tim terkait sudah meninjau, dengan mungkin masih ada beberapa pending-pending issue dan berbagai teknis-teknis kita bahas,” ujarnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengklaim progres pembangunan tahap pertama IKN telah mencapai 80,82%. 

Ia merinci, pembangunan istana presiden dan lapangan upacara sudah mencapai 60,54%, kawasan istana mencapai 80,95%, gedung kementerian koordinator mencapai 49,36%. 

Baca Juga: Pada Juli 2024, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 Tuntas Ditargetkan Selesai

Kemudian rumah tapak pejabat menteri mencapai 85,78%, rumah susun Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparatur pertahanan dan keamanan (Hankam) mencapai 33,88%. 

Selain itu, ia mengklaim pembangunan fasilitas dasar di IKN juga sudah mulai terlihat. Mulai dari pembangunan akses utama jalan tol, akses jaringan listrik, telekomunikasi. 

"Termasuk fasilitas dasar lain yang didukung oleh swasta seperti sekolah, rumah sakit hingga sarana olahraga," pungkas Suharso. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×