: WIB    —   
indikator  I  

Lelang dini Bina Marga dimulai pertengahan Oktober

Lelang dini Bina Marga dimulai pertengahan Oktober

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan memulai lelang dini tahun anggaran 2018 pada pertengahan Oktober mendatang.

Dari data pelelangan dini Kementerian PU-Pera TA 2018 (eMonitoring) yang didapat KONTAN, akan ada 2.916 paket senilai Rp 24,68 triliun yang akan dilelang oleh Ditjen Bina Marga. Lelang dini Ditjen Bina Marga akan dilaksanakan dalam lima tahap mulai Oktober ini hingga Februari mendatang.

Bulan ini akan dilaksanakan Tahap I lelang sebanyak 1.765 paket lelang dengan nilai 12,92 triliun. Selanjutnya Tahap II akan dilaksanakan pada November dengan jumlah 783 paket senilai Rp 7,5 triliun. Tahap III pada Desember dengan jumlah 271 paket senilai Rp 3,23 triliun. Kemudian Tahap IV pada Januari sebanyak 51 paket senilai Rp 417 miliar, dan terakhir Tahap V pada Februari sebanyak 46 paket senilai Rp 599 milliar.

Saat ini, Ditjen Bina Marga sedang mempersiapkan infrastruktur pelelangan agar kelak serapannya maksimal.

“Saat ini kami sedang menyiapkan Unit Layanan Pengadaan dan Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa yang lebih transparan akuntabel,” kata Arie Setiadi Moerwanto, Ditjen Bina Marga Kementerian PU-Pera.

Namun Arie belum bisa merinci proyek apa saja yang akan dilelang dalam lelang dini ini kelak. “Yang pasti dan harus adalah kontrak pemeliharaan jalan dan jembatan nasional di 18 Balai Pelaksanaan Jalan Nasional di Seluruh Indonesia,” katanya.

Kontrak pemeliharaan ini akan menggunakan kontrak Long Segment yang merupakan paket pelebaran, rekonstruksi, dan pemeliharaan, serta median jalan dalam satu kontrak.


Reporter Anggar Septiadi
Editor Rizki Caturini

PENDANAAN INFRASTRUKTUR

Feedback   ↑ x
Close [X]