NASIONAL
Berita
Kode etik guru mulai diterapkan pada 2013

KODE ETIK

Kode etik guru mulai diterapkan pada 2013


Telah dibaca sebanyak 1130 kali
Kode etik guru mulai diterapkan pada 2013

SENTUL. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mulai memberlakukan kode etik guru pada 2013 mendatang. Ketua Umum PGRI Sulistiyo mengatakan, pengawasan pelaksanaan kode etik ini akan dilakukan oleh Dewan Kode Etik yang sudah terbentuk di seluruh Indonesia.

Sulitiyo menjelaskan, kode etik PGRI ini sudah diluncurkan pada 2008 silam. Nantinya, para guru wajib menaati kode etik ini.

Sulistyo meminta dukungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pelaksanaan kode etik profesi guru ini. "Sehingga bisa ada dukungan semua pihak untuk secara nasional, kabupaten/kota. Ini bisa sukses jika mendapatkan dukungan," katanya dalam peringatanPuncak Hari Guru Nasional (HGN) 2012, di Sentul International Convention Center, Selasa (4/12).

Meskipun kode etik guru lahir dari organisasi profesi guru PGRI, Sulistyo menjelaskan semua guru dapat menerapkannya. Sebab, kode etik profesi memang harus dilahirkan dari organisasi profesi.

Kode etik guru ini berisi 70 panduan etika dan norma bagi guru dalam menjalankan profesinya sebagai pendidik. Panduan tersebut mengatur tujuh hubungan guru dengan peserta didik, orang tua/wali murid, masyarakat, sekolah dan rekan sejawat, profesinya, organisasi profesi gurunya, dan pemerintah.

Editor: Edy Can
Telah dibaca sebanyak 1130 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Para pemodal yang siap bermain di Tanjung Lesung

    +

    Enam investor sudah menyatakan komitmen untuk menanamkan modalnya membangun KEK Tanjung Lesung

    Baca lebih detail..

  • Setelah mati suri selama 20 tahun

    +

    Masyarakat sekitar kawasan wisata Tanjung Lesung belum bisa menikmati berkah dari hadirnya kawasan wisata internasional tersebut.

    Baca lebih detail..

    A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: berita

    Filename: all_kanal/list_berita.php

    Line Number: 2

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: all_kanal/list_berita.php

    Line Number: 2