kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KLHK luncurkan buku The State of Indonesia’s Forest 2018


Rabu, 11 Juli 2018 / 22:25 WIB
KLHK luncurkan buku The State of Indonesia’s Forest 2018
ILUSTRASI. Menteri LHK Siti Nurbaya menandatangani Buku The State of Indonesia?s Forest 2018


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) baru saja meluncurkan buku “The State of Indonesia’s Forest 2018”. Buku ini dikembangkan oleh KLHK yang ditujukan untuk memberikan informasi kepada komunitas global.

Buku ini mengulas tentang keadaan hutan Indonesia, sumber daya kehutanan, dan mengenai upaya pemerintah Indonesia untuk mendemokratisasi alokasi sumber daya kehutanan, mencegah dan mengelola deforestasi dan dehradasi sumber daya hutan serta memastikan keadilan lingkungan dan kesetaraan kesempatan bagi semua komunitas Indonesia, termasuk komunitas adat.

“Dalam buku ini kami ingin menjelaskan apa yang terjadi di dalam kehutanan itu. Buku ini, isinya material yang dinamis, yang diceritakan adalah proses perjalanan dinamika itu, isinya terutama kebijakan, reaksi dan sebagainya.60% - 70% isi buku adalah corrective measures di portfolio hutan dan lingkungan,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya, Rabu (11/7).

Menurut Siti, buku ini pun memuat data mutakhir, situasi, konflik dan berbagai hal lain. Menurutnya, pemerintah pun terus berorientasi pada pertumbuhan ekonomi domestik, kearifan lokal dan cukup kuat di pengendalian dan penguasaan.

Siti menambahkan, dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, dilakukan intervensi melalui regulasi. Tak hanya itu, pemerintah pun telah menyatakan komitmen yang kuat dalam mencapai demoktratisasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam hutan.

Pemerintah pun sudah mengintensifkan komitmennya dan menerapkan pencegahan deforestasi dan degradasi hutan dan menerapkan sistem untuk sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan dan menerapkan sistem untuk menyelesaikan konflik terkait hal penguasaan hutan yang melibatkan masyarakat dan daerah, termasuk adat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×