: WIB    —   
indikator  I  

KLHK gelar patroli terpadu untuk kebakaran hutan

KLHK gelar patroli terpadu untuk kebakaran hutan

JAKARTA. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah melakukan patroli terpadu di tiga provinsi. Antara lain 65 posko di Riau, 50 posko di Sumatera Selatan, dan 60 posko di Kalimantan Barat.

"Meskipun belum terjadi kebakaran di beberapa lokasi rawan, Manggala Agni tetap melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat," ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya dalam siaran pers, Selasa (8/8).

Selanjutnya pemerintah akan melakukan patroli terpadu di 5 provinsi lagi. Ditargetkan pertengahan Agustus ini patroli sudah berjalan di provinsi Sumatera Utara, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, pemadaman terus dilakukan oleh tim Manggala Agni bekerjasama dengan TNI, POLRI, BPBD, Dinas LHK, pihak swasta, dan Masyarakat Peduli Api. Pemadaman dilakukan di Sumatera Utara, Riau, dan Jambi.

Berdasarkan data satelit NOAA19 per 1 Januari - 7 Agustus 2017 dilaporkan sebanyak 1.341 titik panas (hotspot).

Dibandingkan dengan tahun 2016 periode yang sama, yaitu 1.295 hotspot, tahun ini terdapat kenaikan jumlah hotspot sebanyak 108 titik (3,55%). Sedangkan data TERRA/AQUA (NASA) untuk periode yang sama menunjukkan jumlah hotspot sebanyak 334.


Reporter Abdul Basith
Editor Yudho Winarto

KEBAKARAN

Feedback   ↑ x
Close [X]